Cerita Inspiratif YouTuber Indonesia yang Sukses dengan Modal Kamera HP

  • Cerita Inspiratif YouTuber Indonesia yang Sukses dengan Modal Kamera HP

Berbekal kamera handphone, Michelle Saragih bisa menjadi bintang YouTube terkenal. Kesuksesannya bahkan membawanya ke Negeri Paman Sam untuk bertemu aktor legendaris Tom Hanks. Seperti apa cerita suksesnya?

Michelle Saragih mulai aktif mengisi konten di YouTube sejak Januari 2017 silam. Video-video yang diunggahnya lebih banyak seputar tips kecantikan. Sampai saat ini, ia sudah memiliki sekitar 115 ribu pelanggan atau subscriber.

Semuanya berawal dari tekanan pekerjaan yang dihadapinya sebagai pekerja kantoran. Menangani urusan finansial di sebuah perusahaan rokok, Michelle sempat stres lantaran pekerjaan tersebut tak sesuai dengan latar belakang pendidikannya sebagai lulusan jurusan komunikasi di sebuah universitas di Hamburg, Jerman.

Setahun bekerja, ia pun memutuskan untuk mengundurkan diri. Namun, perempuan berdarah Batak Simalungun tak mau menyia-nyiakan waktu senggangnya kala menganggur. Terinspirasi oleh sang kakak, Elva, yang seorang vloger (video blogger), Michelle iseng membuat konten di YouTube.

"Kebetulan aku juga punya insomnia berat. Jadi, dari pada nganggur gak jelas, aku memanfaatkannya untuk hal-hal positif," ungkap perempuan 24 tahun itu.

Berbekal kamera ponsel, Michelle merekam celotehannya seputar tips kecantikan. Banyak dari tips tersebut ia dapatkan dari ibunya. Misal, tips membersihkan wajah dengan cara alami.

Di samping itu, YouTube juga menjadi menjadi sarana Michelle untuk mengajak perempuan Indonesia bangga menjadi dirinya sendiri.

"Cantik gak selalu identik dengan kulit putih mulus dan tubuh langsing. Jangan pernah terbeban dengan apa kata-kata orang," ujar Michelle yang mengidolakan sosok YouTuber Jovie Adhiguna.

Gayung bersambut, konten-konten ciptaan Michelle ternyata banyak mendapat respons positif dari pengguna YouTube. Dari setiap videonya yang ditonton, Michelle meraup keuntungan yang menurutnya sangat memuaskan.

Ia pun masuk dalam 12 besar YouTube Next Up Indonesia, sebuah ajang bagi para kreator kreatif dan inspiratif yang diadakan YouTube Indonesia. Penghargaan tersebut lantas membuka akses Michelle untuk membuat konten dengan peralatan yang lebih canggih.

Dimodali uang puluhan juta, ia pun membeli kamera hingga laptop untuk mendukung kontennya. Michelle juga memanfaatkan uang tersebut sebagai modal bisnis mobile-spa bersama kakaknya.

Sebagai YouTube Next Up Indonesia, Michelle juga berkesempatan berkunjung ke markas YouTube di California, AS, dan bertemu dengan YouTuber sukses lainnya.

Awalnya, sang ibu kurang menyetujui pilihan Michelle untuk menjadi YouTuber. Tapi setelah melihat prestasi Michelle ibunya pun berubah pikiran. Bagi Michelle sendiri, uang bukanlah tujuan utama. "Puas rasanya saat ada yang komentar kalau dia jadi merasa lebih percaya diri setelah menonton video ku," kata Michelle.



Sumber : wolipop.detik.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar