Cerita Angeline yang Terpicu Rintis Bisnis dari Nol Pasca Ingin Bunuh Diri

  • Cerita Angeline yang Terpicu Rintis Bisnis dari Nol Pasca Ingin Bunuh Diri

Setiap orang tentu pernah mengalami masa paling terpuruk dalam hidupnya. Bahkan karena perasaan tersebut beberapa dari mereka yang tidak kuat memutuskan mengakhiri hidupnya. Hal itu hampir dilakukan oleh mahasiswa yang kini menjadi pengusaha online sukses dengan penghasilan ratusan juta rupiah per bulan, Aprie Angeline.

Berawal dari keputusasaannya menjalani hidup, wanita dengan sapaan akrab Angel itu kini bisa sukses meraih mimpinya. Angel mengaku hampir mengakhiri hidupnya karena perasaan sedih dan stres.

Perasaan tersebut ia alami ketika terpaksa masuk kuliah di bidang kedokteran demi membanggakan kedua orangtuanya. Ternyata jurusan tersebut sangat tidak sesuai dengan minatnya sehingga membuat wanita asal Sumatera Utara itu merasa terpuruk. Masa-masa terpuruknya dialami ketika ia sudah merasa tidak kuat mengikuti pelajaran.

Saking tak kuatnya, Angel mengaku pernah membayar anak terpintar di kelas untuk mengajarinya. Namun tetap saja tidak mengubah keadaan dan semakin membuatnya stres. Kemudian suatu ketika Angel bolos kuliah praktek. Tak disangka hal itu menjadi masalah yang sangat rumit dan membuatnya terpuruk.

Saat itulah, Angel mengaku akan mengakhiri hidupnya. "Pernah suatu kali saya malas kuliah, saya absen, ternyata menjadi masalah dan rumit banget sampai saya menangis. Pulang ke kos saya hopeless pengen bunuh diri, itu terjadi di 2009 akhir masih semester 1. Saya sudah siapkan Baygon tapi saat mau menenggaknya saya inget mama. Saya juga inget kan mau jadi orang terkenal kalau bunuh diri nggak bisa terwujud dong," cerita Angel.

Akhirnya Angel mulai bangkit dari rasa terpuruknya dengan mulai menjalani bisnis MLM di 2010. Setelah satu tahun menjalaninya, wanita 23 tahun itu menyerah dan memulai bisnis online shop. Angel mengaku sudah gagal lima kali dan akhirnya berhasil dengan menjadi reseller dari salah satu produk kecantikan.

"Di 2011 mencoba gagal terus karena nggak konsisten, coba satu atau dua kali berhenti. Dulu juga pernah jual sepatu, saya hanya ambil untung Rp 5000 sampai Rp 10 ribu tapi rekening saya dan supplier beda otomatiskan ada potongan terus saya lelah walaupun lumayan juga orderannya akhirnya saya lepas. Saya coba baju juga nggak cocok, ternyata pas saya coba produk kecantikan itu cocok. Di 2012 baru mulai jual produk kecantikan yang awalnya pakai sendiri karena saya pikir kenapa nggak dijual ya," tambah wanita yang kini sudah keluar dari UGM dan melanjutkan pendidikan ke Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya itu.

Satu bulan setelah menjadi reseller dari salah satu supplier produk kecantikan di Jakarta, Angel sudah bisa meraup keuntungan sekitar Rp 3 juta. Wanita yang bertempat tinggal di Papua itu mengatakan promosi awal hanya lewat Blackberry Messenger (BBM), mulai dari berbagi pin hingga membuat BBM group.

Tak disangka penjualannya meningkat dua kali lipat di bulan kedua dan omzetnya sudah mencapai puluhan juta rupiah setelah enam bulan. Mahasiswi asal Sumatera Utara itu akhirnya memutuskan meluncurkan produk sendiri di pertengahan 2013 berupa perawatan rambut yang dilabeli dengan nama 'Angeline Hair Treatment' (AHT).

Produk perawatan rambut berupa shampo, kondisioner, dan hair tonic itu rupanya laris di pasaran. Pemilik toko online 'Billions Shop' itu sudah bisa meraup omzet hingga Rp 150 juta per bulan di awal 2014. Kini Angel mengaku telah berpenghasilan ratusan juta dengan omzet per bulan lebih dari Rp 230 juta.

Angel tak hanya menjual AHT tapi juga baru meluncurkan produk terbarunya berupa gula sehat yang diberinama Java Sweet Sugar (JSS). Promosinya juga tidak lagi hanya BBM tapi juga Twitter, Facebook, semua jejaring sosial termasuk iklan. 

Ia juga bekerja sama dengan beberapa e-commerce populer Indonesia. Di akhir perbincangan, Angel juga berbagi tips untuk para wanita yang ingin sukses di usia muda seperti dirinya.

"Bagi para anak muda, beranilah bermimpi karena dengan bermimpi kita bisa menggenggam dunia. Jangan menyerah, membuat goal, mau membayar harganya, mau susah, mau berproses hingga bisa meraih impian kita," saran Angel.





Sumber : wolipop.detik.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar