CARA MENGATASI KEBIASAAN MENUNDA DALAM MENJALANKAN USAHA

  • CARA MENGATASI KEBIASAAN MENUNDA DALAM MENJALANKAN USAHA

Menunda-nunda sebuah pekerjaan menjadi salah satu kebiasaan buruk yang pernah dilakukan hampir setiap orang. Apalagi jika mood seseorang sedang tidak bagus, bisa dipastikan bila menunda menyelesaikan suatu pekerjaan menjadi solusi paling cepat yang pada akhirnya mereka pilih.

Meskipun menunda pekerjaan menjadi salah satu solusi cepat di saat mood seseorang sedang tidak bersahabat, namun pada kenyataannya menunda pekerjaan hanya akan mendatangkan masalah baru dalam menjalankan roda usaha. Sebagai seorang pelaku usaha, Anda dituntut untuk jeli dalam melihat peluang dan sesegera mungkin mencuri start untuk memenangkan persaingan pasar.

Karenanya apabila sampai saat ini Anda masih memiliki kebiasaan buruk menunda-nunda pekerjaan dalam menjalankan roda usaha, tidak menutup kemungkinan bila bisnis Anda hanya akan kalah bersaing dengan pemain lainnya dan tenggelam di tengah ketatnya persaingan pasar yang semakin hari kian meningkat pesat.

Nah, untuk membantu pemula yang masih sering menunda suatu pekerjaan. Berikut ini kami informasikan lima cara mengatasi kebiasaan menunda dalam menjalankan usaha.

Pertama, bayangkan besarnya keuntungan yang Anda dapatkan. Salah satu faktor yang membuat para pengusaha menunda-nunda pekerjaannya adalah adanya rasa puas diri yang terlalu tinggi sehingga motivasi kerjanya mulai menurun dan pada akhirnya menimbulkan rasa  malas atau bosan dengan rutinitas harian yang mereka kerjakan. Karenanya untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa membayangkan besarnya keuntungan yang bakal Anda dapatkan jika Anda telah menyelesaikan target pekerjaan yang ada di depan mata.

Kedua, mulailah dari yang mudah. Biasanya selain karena dihinggapi rasa malas, para pengusaha sengaja menunda-nunda pekerjaannya untuk menghindari pekerjaan yang membuatnya kurang nyaman. Apabila ketidaknyamanan tersebut disebabkan oleh besarnya kewajiban yang harus Anda kerjakan, maka untuk mengatasinya Anda dapat memilahnya menjadi pekerjaan yang lebih kecil sehingga lebih mudah untuk Anda kerjakan.

Ketiga, belajar dari pengusaha sukses yang sebelumnya pernah mengalami kegagalan. Alasan ketiga yang membuat para pengusaha memutuskan menunda pekerjaannya adalah karena mereka takut gagal dalam menjalankan roda bisnisnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa belajar dari para pengusaha sukses yang sekarang ini telah berhasil membangun kerajaan bisnisnya meskipun sebelumnya pernah mengalami kegagalan yang cukup pahit.

Keempat, mengesampingkan urusan pribadi. Sebagian besar para pelaku usaha menunda pekerjaan mereka karena mementingkan urusan pribadinya, contohnya saja seperti menunda pekerjaan utama mereka karena kondisi emosinya yang kurang baik. Padahal, ketika seseorang memutuskan untuk terjun di dunia usaha, harusnya mereka konsisten untuk tetap menomorsatukan urusan perusahaan dan mengesampingkan masalah pribadi yang sedang mereka hadapi.

Kelima, pahami fokus utama Anda. Sebagian besar pelaku usaha merasa dirinya adalah orang paling sibuk di dunia, sehingga mereka melupakan tugas-tugas kecil yang sebenarnya harus mereka kerjakan. Untuk menghindari kendala tersebut, sebaiknya sejak awal pahami fokus utama yang perlu Anda kerjakan dan limpahkan tugas lainnya ke partner kerja yang telah Anda percaya.





Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar