Cara Menentukan Tempat Usaha yang Strategis

  • Cara Menentukan Tempat Usaha yang Strategis

Lokasi bisnis bisa dibilang membawa pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan sebuah bisnis di masa depan. Apalagi jika bisnis Anda menitikberatkan operasinya di dunia nyata, bukan online. Misalnya restoran, stationery, pet shop, distro, florist dan lain sebagainya. Jadi, bagaimana cara menentukan tempat usaha yang strategis

 

Biaya yang diperlukan

Faktor pertama tentu saja biaya. Berapa yang dibutuhkan untuk membeli atau menyewa tanah, peralatan kantor, alat komunikasi, pajak, dan infrastruktur TI. Anda harus memperhitungkan seberapa tebal budget Anda. Akan tetapi, Anda juga perlu tahu bahwa biaya murah bukan jaminan. Jika perusahaan Anda hanya mencari biaya terendah tanpa memperhatikan kualitas dan kebutuhan, seringkali Anda justru akan berakhir dengan membayar lebih banyak dari yang Anda perkirakan. Di luar itu, Anda juga harus memperhitungkan upah tenaga kerja. Ia bisa naik sewaktu-waktu. Jangan sampai bisnis Anda justru harus memberhentikan karyawan karenanya, atau bahkan gulung tikar.

 

Kesediaan tenaga kerja

Seberapa mudah Anda bisa menemukan tenaga kerja di kota tersebut, atau mereka yang bersedia tinggal di kota tersebut? Misalnya, Anda mungkin bisa lebih mudah menemukan programmer yang bersedia bekerja di kota-kota besar karena banyak kampus yang meluluskan programmer di kota tersebut. Selain lokasi, tenaga-tenaga kerja pada umumnya memiliki kriteria tersendiri terhadap kantor Anda. Misalnya, apakah kantor Anda dekat dengan akses jalan, atau harus masuk jauh ke pedalaman.

Infrastruktur yang ada

Misalnya jalan raya, transportasi publik, suplai energi, air, dan kebutuhan vital lainnya. Semakin dekat bisnis Anda dengan infrastuktur ini, maka semakin semakin mudah bisnis Anda bisa beroperasi. Selain itu, juga soal jarak antara lokasi kantor Anda dengan tempat-tempat strategis lain seperti rumah sakit, kantor pemerintahan, kantor relasi bisnis Anda, dan tempat-tempat hangout para  innovator di  industri Anda.

 

Kemungkinan pelebaran

Dalam beberapa tahun, bisnis Anda akan bertumbuh, bahkan hingga menggurita. Jumlah karyawan Anda akan semakin banyak, dan bangunan kantor Anda akan semakin banyak dan semakin lebar. Sekarang, Anda bisa mulai memvisualisasikan seberapa besar kantor Anda nanti di masa depan. Apakah masih di lokasi yang sama, atau pindah ke lokasi lain.

 

Budaya masyarakat

Setiap wilayah memiliki budaya mereka sendiri-sendiri. Meskipun Anda bisa saja mengabaikannya, namun tetap saja Anda harus menemukan lingkungan yang nyaman bagi Anda bekerja. Misalnya membangun pabrik yang bising, atau peternakan ayam yang menyengat di kompleks tentu saja sangat tidak disarankan.

 

Mendekati pelanggan Anda

Anda perlu riset pelanggan. Seberapa besar potensi pasar di sebuah lokasi. Seberapa besar pasar akan antusias menyambut bisnis Anda jika ia berdiri di tengah pasar tersebut? Apabila Anda bukan orang yang suka riset, maka Anda bisa membidik kompetitor. Karena mereka membuka lokasi di tempat tersebut, tentu sudah dengan melakukan riset tersendiri. Misalnya ketika Indomaret berdiri di sebelah Alfamart, dan sebaliknya. Keduanya saling membidik.


Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar