Cara Memperluas Jaringan Networking

  • Cara Memperluas Jaringan Networking

Memiliki jaringan bisnis yang cukup luas tentunya memudahkan Anda untuk mengembangkan bisnis. Banyak manfaat yang didapatkan dari network yang ada. Mulai dari peluang kerjasama di bidang modal, tempat, serta beberapa kendala yang selama ini bermasalah sebenarnya dapat diatasi karena memiliki jaringan networking yang luas.

Berikut ini beberapa cara yang dapat membantu dalam memperluas jaringan bisnis?

1. Mulailah memperbanyak kenalan. 
Pengusaha sukses pasti memiliki banyak kenalan yang berkualitas. Diawali dengan berkenalan sampai akhirnya berujung menjadi rekan bisnis yang solid. Karena itu jangan sungkan untuk memperbanyak kenalan. Coba untuk membuka jaringan baru agar bisa mengembangkan bisnis yang sedang anda jalankan.

2. Jangan pernah lupa bawa kartu nama
Salah satu senjata utama untuk berkenalan adalah kartu nama. Ketika bertemu rekan bisnis yang baru, jangan pernah lupa untuk bertukar kartu nama. Tindakan kecil ini dalam bisnis ternyata dianggap salah satu cara paling efektif dalam membangun relasi.

3. Cobalah bergabung dengan forum atau komunitas bisnis di sekitar anda. 
Banyak partner bisnis datang dari komunitas atau forum online yang ada di internet. Dengan adanya kopi darat di suatu tempat banyak manfaat yang bisa didapatkan. Keberadaan anda selaku pelaku bisnis akan bertemu juga pelaku bisnis lainnya di acara tersebut sehingga lebih mudah untuk membuka jaringan bisnis baru.

Setelah menerapkan beberapa cara diatas, binalah hubungan baik dengan semua relasi yang ada. Dari jaringan bisnis kuat akan terwujud hubungan baik yang dilandasi oleh rasa kepercayaan dan saling berbagi. Pastikan kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan, agar hubungan terbangun kokoh untuk menciptakan kerjasama yang saling menguntungkan.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar