Cara Entrepreneur Mendapatkan Dukungan Keluarga

  • Cara Entrepreneur Mendapatkan Dukungan Keluarga

Seorang Entrepreneur mungkin saja berasal dari lingkungan keluarga dengan gaji dan pendapatan rutin bulanan. Lingkungan ini mungkin akan melihat Entrepreneur sebagai sebuah profesi yang terlalu berisiko dan tidak aman. Jadi, jika Anda menghadapi situasi seperti ini, bagaimana Anda dapat mendapatkan dukungan keluarga Anda? Berikut 10 tips yang kami harap dapat membantu Anda.

 

1. Merencanakan Penjelasan

Salah satu alasan kenapa keluarga Anda tidak mendukung adalah karena mereka khawatir pada kesejahteraan masa depan Anda. Maka, Anda perlu menjelaskan rencana Anda secara rinci, kalau perlu proyeksi keuntungan Anda selama 5 tahun, sehingga mereka memahami apa yang Anda akan lakukan.

 

2. Lakukan Riset Anda

Mereka tidak akan begitu saja percaya dengan sebuah penjelasan. Anda harus melengkapinya dengan hasil riset. Tunjukkan potensi market bisnis Anda. Keluarga Anda harus tahu bahwa Anda begitu serius di dalamnya.


3. Berikan Contoh

Tunjukkan pada mereka contoh orang yang telah sukses di bidang Anda. Agar lebih objektif, berikan pula contoh kegagalan dan analisis kegagalan, dan bagaimana Anda akan terhindar dari kegagalan yang serupa.

 

4. Ciptakan Pemahaman

Kadang-kadang, keluarga Anda tidak bisa memahami jenis bisnis Anda. Misalnya ketika Anda bergulat di industri digital start-up. Belum tentu setiap orang tua melek dengan teknologi internet. Jika Anda dapat menemukan contoh yang tepat, Anda dapat menciptakan gambaran dengan lebih mudah.

 

5. Akuntansi

Ketika membuat proyeksi laba rugi, Anda perlu sedikit kemampuan akuntansi. Anda perlu menghitung aset-aset, berapa modal yang Anda perlukan, dan berapa profit yang akan Anda hasilkan. Tunjukkan buku hitungan ini pada keluarga Anda.

 

6. Plan B

Hal-hal buruk mungkin terjadi. Sehingga Anda juga perlu memikirkan plan B. Ketika mereka tahu bahwa Anda sudah memiliki rencana cadangan, keluarga Anda merasa lebih aman.

 

7. Pencapaian Kecil

Untuk setiap keberhasilan kecil Anda dalam bisnis, keluarga Anda juga akan merasakan sukacita sekaligus menjadi lebih tertarik dengan apa yang Anda lakukan.

 

8. Melibatkan Mereka

Untuk mengambil setiap keputusan, Anda dapat meminta saran dan ide-ide dari keluarga Anda. Dengan memberikan saran, mereka akan merasa terlibat pada bisnis Anda dan merasa berkontribusi pada setiap pencapaian Anda.

 

9. Dukungan Tambahan

Temukan dukungan tambahan. Jika salah satu kerabat Anda adalah Entrepreneur sukses, Anda dapat meminta bantuannya untuk menjelaskan kepada keluarga Anda.

 

10. Abaikan Sementara

Kadang-kadang, keluarga Anda tetap tidak akan paham. Jika demikian, Anda boleh mengabaikannya untuk sementara waktu. Ketika di masa depan Anda sudah mengklaim pencapaian-pencapaian kecil, katakan pada mereka seberapa besar mereka berkontribusi untuk kesuksesan Anda. Sedikit demi sedikit, mereka akan mulai mendukung Anda.

Ketika Anda mendapatkan dukungan keluarga, bukan berarti Anda sudah menang. Pada dasarnya, menghadapi keluarga sama seperti menghadapi investor. Ketika Anda memenangkannya, Anda masih punya satu lagi perang yang harus benar-benar Anda perjuangkan. Yakni bisnis Anda.


Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar