CARA CERDAS MENGELOLA LABA USAHA

  • CARA CERDAS MENGELOLA LABA USAHA

Setiap pelaku usaha tentunya akan senang bila bisnis yang dijalankannya bisa mendatangkan keuntungan cukup besar. Bahkan bagi sebagian besar pengusaha, memperoleh untung besar merupakan salah satu tujuan akhir yang ingin mereka raih.

Meski begitu, sebagai pelaku usaha tentunya Anda juga harus tetap bijak dalam mengelola keuntungan yang diterima. Apabila Anda membelanjakannya dengan kurang tepat, bisa dipastikan bila kerja keras Anda dalam menjalankan usaha tidak mendatangkan kesejahteraan bagi diri Anda pribadi maupun perusahaan yang Anda jalankan.

Nah, agar laba usaha yang Anda terima bisa dikelola dengan maksimal. Berikut ini kami informasikan cara cerdas mengelola laba usaha.

Pertama, sebanyak 20% dari laba bersih yang Anda terima bisa Anda arahkan untuk investasi dan sebagai dana cadangan. Investasi ini berguna untuk memenuhi kebutuhan operasional usaha dalam jangka waktu panjang atau menengah dan boleh diambil dalam keadaan yang memang sangat penting. Anda bisa menabungkannya dalam bentuk tabungan, emas, deposito, properti dan surat berharga lainnya.

Kedua, 10% dari laba usaha bisa Anda gunakan untuk pengembangan usaha. Seperti misalnya untuk meningkatkan infrastruktur, SDM, sistem, teknologi dan lain sebagainya. Disamping itu, Anda juga bisa menggunakan dana tersebut untuk menambah cabang usaha lain yang sekiranya cukup menguntungkan.

Ketiga, sebanyak 10% dipakai untuk keperluan pribadi serta keluarga Anda. Dana ini adalah sebagai tanda penghargaan terhadap kerja keras Anda dalam membangun usaha tersebut.

Keempat, sebanyak 10% disalurkan sebagai sumbangan, dana sosial, infaq. Ini perlu sebagai rasa tanggung jawab sebagai warga yang peduli pada lingkungan dan masyarakat sekitar yang memang membutuhkan. Apalagi kita adalah makhluk sosial.

Kelima, yang paling banyak yakni 60% dari laba usaha bisa digunakan sebagai modal berputar, dana operasional usaha yang berhubungan dengan penjualan dan stok persediaan barang.






Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar