Bisnis Itu Haruskah Bermodal Besar?

  • Bisnis Itu Haruskah Bermodal Besar?

Modal, modal, dan modal. Lagi-lagi masalah modal selalu menjadi topik hangat ketika hendak memulai sebuah usaha. Banyak yang beranggapan jika merintis usaha tapi tidak punya modal uang yang cukup, itu problem terbesar bagi para pemula dalam dunia usaha. Sekarang pertanyaannya, apa untuk buka usaha itu harus punya modal yang besar dahulu???

Jawabannya TIDAK. Nyatanya dengan modal sedikit alias pas-pasan ada banyak orang yang bisa mulai mengembangkan usaha sendiri. Bahkan tak sedikit dari mereka yang pada akhirnya sukses mengembangkan bisnis dengan modal kecil.

Untuk memantapkan tekad kamu untuk berbisnis, alangkah baiknya Anda mencermati tips merintis bisnis dengan modal kecil.

Satu,

Ubah mindset kamu yang beranggapan bahwa suatu usaha hanya bisa dimulai jika mempunyai sejumlah uang sebagai modal usaha. Seorang calon entrepreneur sejati tidak akan mengurungkan niat untuk membuka usaha hanya karena tidak memiliki modal. Sebaliknya, entrepreneur sejati akan memanfaatkan segala potensinya untuk bisa menghimpun modal yang diperlukan, misalnya dengan memanfaatkan jaringan relasi dan reputasi baik yang dimiliki untuk untuk bisa mendapatkan pinjaman lunak dari kolega atau relasi.

Dua,

Hilangkan anggapan bahwa memulai usaha harus langsung besar dan mapan. Kebanyakan pengusaha sukses merintis usaha mereka dari nol lengkap dari segala pahit getirnya perjuangan mereka.

Tiga,

Tekan kembali perhitungan modal usahamu. Sebagai contoh, untuk mengurangi kebutuhan sewa tempat, kamu bisa patungan bagi hasil dengan teman yang mempunyai lokasi usaha yang bagus.

Empat,

Lebih kreatif mencari sumber-sumber permodalan, yang bisa dimanfaatkan, jika memang kebutuhan modal hasil hitungan kamu sudah tidak bisa ditekan lagi. Sumber-sumber permodalan ini bisa berasal dari institusi keuangan atau perorangan.





Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar