BEGINI CARANYA BISNIS MODAL KECIL ALA BOB SADINO

  • BEGINI CARANYA BISNIS MODAL KECIL ALA BOB SADINO

Merintis bisnis memang butuh duit, tapi tak ada yang bilang jika bisnis itu harus bermodal besar. Masih banyak peluang bisnis modal kecil yang bisa kamu jalankan dengan modal pas-pasan. Bahkan pengusaha sukses sekelas Bob Sadino pun dulunya juga mengawali bisnis dengan modal kecil.

Simak 8 cara Bob Sadino mengatasi minimnya modal usaha, tanpa harus mengandalkan pinjaman bank.

Satu,

Mulailah dari bidang bisnis yang sudah kamu sukai. Cara ini tidak hanya akan menghemat waktu dan tenaga, namun juga tak perlu membutuhkan dana tambahan untuk trial and eror.  Sebab, biasanya bidang yang kamu sukai sudah benar-benar kamu kuasai segala tantangan dan kesulitannya.

Dua,

Tetap berhemat belanjakan uang modal. Buat prioritas sesuai kebutuhan agar pengeluaran tak besar pasak daripada tiang (lebih besar pengeluaran dari penghasilan). Pisahkan juga keuangan usaha dan uang pribadimu.

Tiga,

Sekecil apapun bisnismu, jangan malu beritahukan bisnis tersebut ke teman-teman. Semakin banyak yang mengetahui bisnismu, semakin luas juga jaringan bisnis yang kamu punya. Siapa tahu diantara teman-temanmu ada yang tertarik membeli produk kamu.

Empat,

Tak perlu menggunakan jasa promosi. Kamu juga bisa mempromosikan produkmu sendiri dengan memanfaatkan kemampuan komunikasi dan jaringan yang dimiliki.

Lima,

Jangan terburu-buru memutuskan pinjam modal ke bank. Coba ajaklah beberapa teman atau saudara untuk patungan membangun usaha.

Enam,

Bila biasanya media socsial hanya jadi ajang narsis, mulai sekarang gunakan media social untuk mempromosikan produk kamu. Selain promosinya gratis, caranya juga mudah dan prosesnya sangat cepat.

Tujuh,

Tidak perlu menguasai semua bidang bisnis, fokuslah pada satu bidang saja namun jangan berhenti berusaha sebelum jadi orang paling sukses di bidang tersebut.

Delapan,

Modal kecil + usaha besar = memuaskan. Tanamkan prinsip dari Bob Sadino ini, karena bisnis modal kecil pun bisa berkembang pesat jika dijalankan dengan sungguh-sungguh oleh pelakunya.

Ingat, banyak hal-hal besar dimulai dari sesuatu yang kecil. Jadi tak perlu khawatir karena dengan modal kecil pun kamu sudah bisa membangun sebuah usaha. Jadi, tunggu apalagi??




Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar