Ardhian Asca, Sukses Geluti Agrobisnis

  • Ardhian Asca, Sukses Geluti Agrobisnis

Ardhian Asca, pengusaha asal Padang, Sumatra Barat ini bergerak di bidang agrobisnis yang khusus menangani produksi pertanian serta pertambahan nilai produk. Pemasarannya pun melingkupi kawasan Airmolek dan Telukkuantan, Riau.

Sebelum terjun ke dunia agribisnis khususnya pertanian ini, Ardhian mengawali usahanya dengan mengelola advertising dan informasi teknologi. Namun, usaha itu gagal dan ia pun mengalihkan ke usaha agribisnis dalam kurun waktu setahun ini.

“Pertanyaan besar sewaktu saya kuliah, kalau lulus nanti mau jadi apa?. Oleh karena itu, sejak kuliah pun telah mulai bekerja di salah satu BUMN di Padang. Dan, tak terpikirkan sama sekali untuk jadi pegawai negeri,” kata Ardhian Asca seperti dikutip dari Padang Ekspres.

Ardhian mengatakan, setelah mencicipi dunia kerja di BUMN dan uang pun terkumpul, akhirnya timbul niat untuk menekuni usaha sendiri. Padahal, lingkungan keluarga umumnya pegawai negeri. “Awalnya, bisnis advertising dan informasi teknologi. Itu pun usaha ini tak berjalan maksimal dan mandek. Kini, usaha itu pun diserahkan ke tim untuk jalaninya,” ungkapnya.

Berhenti dua usaha itu, gelora bisnis pun makin memuncak. “Timbullah pikiran untuk mengembangkan usaha sampingan keluarga, yakni agribisnis. Awalnya hanya berjalan stagnan kini alhamdulillah dengan berbagai inovasi yang saya lakukan berkembang,” ujarnya.

Seiring berkembangnya usaha, sebut Ardhian, ia pun berpikir memiliki ladang di kawasan Alahan panjang. Ladang ini sebagai penunjang pemenuhan stok komoditi pertanian yang akan dijual ke pasaran.

“Di samping itu, terpikir juga memberikan nilai tambah terhadap kentang. Yakni, membuat keripik kentang dengan rasa tawar dan kini telah memiliki izin produksi,” ucap alumni Fakultas Ekonomi Unand ini. Perlahan namun pasti usaha ini pun mulai berkembang. “Kini, dua usaha sekali jalan yang saya kelola. Alhamdulillah, telah memberikan hasil yang positif,” ujar anggota HIPMI Sumbar ini.

Perjalanan Ardhian Asca dalam merintis usaha ini bukan tanpa rintangan. Rintangan, kendala, batu kerikil pasti selalu ada dalam perjalanan menuju sebuah kesuksesan. Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh Ardhian antara lain penjualannya tidak memuaskan atau minus.

“Namun jika semua permasalahan bisa diselesaikan dengan baik, maka rintangan atau kendala seberat apapun bisa terselesaikan,” tuturnya seraya mengatakan kedua usaha yang dijalaninya belum tersentuh kredit pemerintah maupun perbankan.

Tips sukses ala Ardhian ini adalah jika ingin menjadi pengusaha yang baik dan benar maka berpikirlah untuk menjadi pengusaha. Ardhian yakin apa yang manusia pikirkan itulah yang akan terjadi. Dimana jika ingin menjadi pengusaha, berpikirlah bagaimana caranya untuk menjadi pengusaha yang baik, kreatif, inovatif, karena untuk menjadi pengusaha bukanlah hal yang mudah.

Tidak seperti karyawan yang hanya menunggu perintah dari bosnya saja. Selain itu, modal lain untuk menjadi pengusaha adalah harus berani mengambil risiko.“Kalau mau jadi pengusaha itu, jangan lihat nanti bagaimana. Tapi bagaimana nanti saja, sikat dulu urusan leher belakangan. Saya tidak akan menceritakan masa lalu saya dengan detail. Tapi saya bisa menceritakan pemikiran saya dan hasil pemikiran saya ke depan dengan detail,” tutupnya.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar