Apa yang Miley Cyrus Bisa Ajarkan ke Anda Tentang Memulai Sebuah Perusahaan Hebat

  • Apa yang Miley Cyrus Bisa Ajarkan ke Anda Tentang Memulai Sebuah Perusahaan Hebat

“Stay Hungry, Stay Foolosh”, prinsip dari Steve Jobs bukan satu-satunya menjadi nasehat untuk merintis usaha baru. Anda Juga Bisa Belajar Dari Miley Cyrus!

*Catatan Editor: Tiap hari Sabtu dan Minggu, Studentpreneur akan menerbitkan artikel bersifat tips dan opini milik ahli-ahli luar negeri yang disegani. Para ahli mengirimkan naskah dalam bahasa inggris, dan kami terjemahkan untuk Anda. Kali ini penulis adalah James Faghmous, praktisi teknologi, Ph.D, serta pengajar di Universitas Minnesota, Amerika.* 

Memulai sebuah perusahaan itu sulit. Pada umumnya, calon wirausahawan berharap mereka mendapat nasehat dari pendiri startup, namun pada kenyataannya, wejangan justru muncul dari sumber yang tak terduga. Contohnya saja Miley Cyrus; penyanyi yang dengan tangan dinginnya me-makeover dirinya sendiri dan membiarkan media dan masyarakat umum yang mempromosikan dirinya. Dibawah ini adalah tiga wejangan tentang bagaimana cara membangun sebuah usaha yang hebat yang datang dari lagunya yang berjudul “We Can’t Stop”.

 

This is our house

This is our rules”

Rumah anda dibangun berdasarkan impian anda dan hanya anda yang bisa mewujudkan impian itu menjadi nyata. Oleh sebab itu, anda harus memainkan peran itu dengan aturan anda sendiri meskipun aturan itu nampak tidak wajar.

Apa yang Miley Cyrus Bisa Ajarkan ke Anda Tentang Memulai Sebuah Perusahaan Hebat prinsip steve jobs belajar dari miley cyrus belajar bisnis

Ini Rumah Kita… Ini aturan kita

Memulai sebuah usaha yang masyarakat cintai adalah pencapaian yang luar biasa. Menciptakan nilai bagi sejumlah masyarakat membutuhkan perpaduan antara kecerdikan, ketahanan, good timing, dan keberuntungan. Apa yang harus anda ingat dalam pikiran anda adalah startup hebat biasanya mengambil sesuatu yang belum ada dan memunculkan hal tersebut ke jutaan orang. Karena sesuatu yang anda bangun ini belum ada, bukan tidak mungkin bila tidak ada yang tahu secara pasti bagaimana mengeksekusi ide anda menjadi nyata. Nasehat dari Miley sangat penting: rumah anda dibangun berdasarkan impian anda dan hanya anda yang bisa mewujudkan impian itu menjadi nyata. Oleh sebab itu, anda harus memainkan peran itu dengan aturan anda sendiri meskipun aturan itu nampak tidak wajar. Senada dengan Jack Dorsey yang secara elegan menambahkan: hal yang baik jika anda belajar dari masa lalu, namun jangan sampai masa lalu anda mendikte keputusan anda di masa depan. Buat aturan anda sendiri, karena ini rumah anda dan impian anda.

 

We run things

Things don’t run we”

Setiap manusia di bumi tunduk pada kekuatan eksternal. Tugas anda sebagai sebagai founder adalah “naik jabatan” dari keadaan seperti itu.

Kita jalankan sesuatu… Sesuatu tidak menjalankan kita

Startup penuh dengan rintangan yang menghalangi, bahkan banyak yang berada di luar kendali anda. Banyak yang mengatakan bahwa setiap manusaia di bumi tunduk pad kekuatan eksternal. Tugas anda sebagai founder adalah “naik jabatan” dari keadaan seperti itu. Ketika halangan datang menghadang anda menuju impian anda, jangan berperan sebagai korban dan mengasihani diri anda sendiri. Anda seharusnya berpikir bagaimana anda bisa menjadi bagian dari solusi. Dengarkan Miley: you can influence the world as much as the world influences you.

 

“We don’t take nothing from nobody”

Sebagai founder, anda akan mendapatkan bermacam-macam nasehat dan pekerjaan anda untuk memilah-milah nasehat mana yang diambil dan mana yang diabaikan.

Hal ini sangat jelas, jangan sampai anda memperbolehkan orang lain meracuni pikiran anda di perjalanan ini. Meski begitu, saya ingin memperhatikan baris ini dengan cara yang berbeda. Semenjak banyaknya double negative, saya akan berusaha sebaik mungkin untuk mengaplikasikan apa yang logika saya pahami untuk mengubah kalimat diatas menjadi: “Kita tidak mengambil semua hal dari semua orang”. Dari hasil mengkritisi Miley kita bisa menyimpulkan bahwa: sebagai founder, anda akan mendapatkan bermacam-macam nasehat dan pekerjaan anda untuk memilah-milah nasehat mana yang diambil dan mana yang diabaikan. Salah satu cara untuk menyaring semua pendapat adalah menggunakan dua kalimat bijak Miley yang sebelumnya tersebutkan untuk mengkritisi semua pendapat.


Sumber :

James Faghmous

James H. Faghmous, Ph.D. adalah praktisi teknologi dan juga pengajar di Department Teknik Komputer, Universitas Minnesota


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar