8 Trik untuk Menarik Perhatian Pelanggan Baru saat Bisnis Masih Kecil

  • 8 Trik untuk Menarik Perhatian Pelanggan Baru saat Bisnis Masih Kecil

Menjadi seorang pebisnis di zaman sekarang memang sudah tak kenal usia lagi. Entah kamu masih seorang pelajar, mahasiswa, atau kamu yang telah memiliki pekerjaan tetap, semua bisa mencoba membuka bisnis.

Namun, seringkali kita gagal dalam berbisnis. Terutama ketika hanya sekedar coba-coba tanpa paham seluk beluk, sekaligus trik yang tepat

Masalah utamanya sederhana, tapi sangat penting. Yakni kurang atau bahkan tak mendapat pelanggan. Pelanggan merupakan elemen terpenting untuk kelanjutan usahamu.

Kali ini, kami ingin membagikan trik untuk menarik pelanggan baru, bagi kamu yang baru mau mencoba membuka sebuah usaha.

1. Buatlah sebuah bisnis yang berbeda dan lebih unggul

Tak perlu berpikir terlalu jauh hingga menciptakan hal-hal yang belum pernah ada, kok. Cukup lihat produk-produk yang sudah ada, lalu kembangkan menjadi lebih baik atau beri sedikit sentuhan berbeda. Contohnya, daripada sekedar menjual susu sapi biasa, kamu bisa menambahkan rasa cokelat atau menjualnya satu paket dengan biskuit.

2. Fokus kepada market atau tipe pelanggan tertentu saja

Kadang-kadang, peluangmu untuk bisa sukses terletak pada market tertentu yang belum terpenuhi kebutuhannya. Misalnya saja, kamu membuka restoran vegetarian yang saingannya belum banyak. Bisa juga buka restoran anti MSG, bagi mereka yang sangat peduli soal kesehatan.

3. Bahkan, buatlah sebuah market baru untuk produkmu

Terinspirasi dari mendiang Steve Jobs, yang membuat sebuah produk yang menyadarkan pelanggannya bahwa mereka ternyata membutuhkan produk tersebut. Yakni iPod, pemutar musik ukuran kecil dan ringan untuk bisa mendengarkan lagu.

4. Bergabung ke dalam komunitas target marketmu

Jika produkmu berkaitan dengan traveling, gabunglah dengan komunitas traveler. Jika berkaitan soal ibu dan anak, kamu harus sering-sering ikut arisan atau komunitas ibu hamil. Ini penting lho, karena kamu bisa langsung menjual ke target marketmu.

5. Aktif juga mengikuti program atau acara yang diadakan

Jangan sekedar bergabung dan menawarkan produk saja, kamu harus aktif terlibat di dalamnya. Tujuannya agar orang-orang mengenalmu dan percaya pada produkmu.

6. Tunjukkan keunggulan atau kelebihan produk

Jika produkmu itu permen manis dan lembut, katakan bahwa permennya manis dan lembut. Kelihatannya sepele, tapi kamu harus menginformasikannya agar para pelanggan paham betul bahwa produkmu bagus.

Beda dengan produk yang sudah memiliki nama dan terkenal, produkmu masih baru. Sehingga, kamu wajib memperkenalkannya dengan baik dan tepat. Anggap pelangganmu belum mengetahui apa pun soal produkmu.

7. Manfaatkan sosial media sesuai target

Zaman sekarang, berbisnis semakin mudah karena kamu bisa memulai dengan modal sangat minim. Melalui bantuan sosial media, biaya iklan bisa menjadi nol rupiah. Ikutilah tren sosial media yang ada sambil menjual barang. Kamu juga bisa memasang jualanmu di halaman sosial media pribadi juga, lho.

8. Jangan takut berinvestasi untuk mengembangkan bisnis

Investasi ini penting untuk memperbaharui alat-alat bisnismu, apalagi jika fungsinya untuk mempercepat pekerjaan atau proses produksi. Tentu saja, jika produksi bertambah, maka stokmu juga akan banyak. 




Sumber : idntimes.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar