8 Tips Menjadi Entrepreneur Muda yang Sukses

  • 8 Tips Menjadi Entrepreneur Muda yang Sukses

Menjadi seorang entrepreneur sukses membutuhkan banyak hal persiapan, simak tipsnya berikut ini.

Jaman dahulu, semua yang ingin membuat bisnis akan kesulitan menemukan sumber atau panutan. Jadi mereka berusaha sendiri alias otodidak. Dan tidak jarang mereka bangkrut karena kurangnya keterampilan, tetapi tidak sedikit juga yang berhasil bangkit dan sukses sampai sekarang. Itu adalah perbandingan sedikit antara entrepreneur jaman dahulu dengan sekarang. Di artikel StudentPreneur sangat banyak sekali artikel contoh tentang orang terkaya yang berusaha sekuat tenaga memulai bisnisnya.

Nah, jaman sekarang informasi sangat mudah sekali didapat. Tetapi terkadang, informasi tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para entrepreneur muda tersebut. Sampai sekarang hampir setiap kampus, perguruan tinggi bahkan sampai SMA sudah ada program entrepreneur.

Tetapi kenyataannya adalah, banyak sekali para entrepreneur muda ini tetap menjalankan bisnis dengan pengalaman dan pengetahuan yang sangat sedikit. Dan akhirnya mereka kewalahan lalu menutup bisnisnya, bahkan tidak bisa bertahan di tahun pertama. Sekarang, akan dibahas 8 tips jitu untuk para entrepreneur muda yang mau berbisns dan tips menjadi entrepreneur yang baik.

 

Berani ambil risiko

Berpikir out the box dan berani ambil risiko adalah tips pertama yang harus dimiliki oleh para entrepreneur muda. Mengambil risiko disini adalah berani membuat keputusan dan bertindak. Kebanyakan para entrepreneur muda masih menunggu untuk membuat bisnis, menunggu modal atau menunggu banyak pembeli dahulu. Yang dibutuhkan para entrepreneur ini adalah bagaimana dapat fokus dalam bisnisnya tersebut. Menurut survey di Eropa, tidak ada waktu yang tepat selain mengambil risiko diusia 20 tahunan. Itulah tipsentrepreneur yang pertama.

Yang ditakutkan para entrepreneur muda ini adalah, bagaimana jika usaha saya tidak berhasil? Bagaimana jika saya bangkrut? Bagaimana jika saya ditipu? Tetap berusaha dan bangkit lagi, Anda hidup muda hanya sekali bukan?

 

Terus berinovasi

Kunci dari berbisnis adalah bagaimana Anda bisa membuat sesuatu yang inovatif. Inovatif adalah kemampuan membuat ide baru untuk menjadi produk atau jasa yang berguna. Tentu produk atau jasa yang berguna bagi masyarakat. Tidak ada waktu yang tepat selain diumur 20 tahun ketika membuat ide-ide gila. Kebanyakan para entrepreneur sukses di dunia mempunyai ide di umur 20 tahun dan mereka berani mengaplikasikannya.

Bagaimana bisa punya pemikiran yang inovatif? Perhatikan lingkungan sekitar Anda, apakah ada sesuatu yang mengganjal. Buat ide-ide kreatif dan jangan ragu untuk memulainya. Dan jangan sekali-sekali menganggap kritik itu batu sandungan.  Produk sekarang yang sedang naik daun karena mereka mau menerima kritik yang membangun. Inovatif merupakan salah satu tips entrepreneur yang cukup berharga.

 

Perbaiki kemampuan networking Anda

Ini juga yang menjadi kelemahan para entrepreneur muda, mereka malu untuk bersosialisasi. Apalagi jika disuruh untuk masuk kedalam lingkungan yang baru, mereka menerka-nerka apakah dirinya akan cocok kedalam lingkungan tersebut. Padahal, networking adalah salah kunci sukses dalam berbisnis. Setiap entrepreneur pasti mempunyai networking sendiri, mulai dari keluarga, teman maupun dari sosial media. Dan jangan segan-segan untuk bertanya dan memperkenalkan diri. Percayalah, kolaborasi dari networking akan sangat berjalan didalam dunia bisnis.

 

Punya target dan standar

Dalam berbisnis, Anda harus mempunyai target dan standar. Target dan standar ini harus saling berhubungan, pertama karena ketika Anda mempunyai target yang terlalu tinggi atau tidak realistis tentu akan percuma. Lalu Anda juga tidak boleh mempunyai target yang terlalu rendah, maka dari itu Anda harus mempunyai standar yang jelas. Ketika target Anda sudah tercapai, terus buat target baru yang tentu sesuai dengan kemampuan Anda.

 

Jangan malu untuk meminta bantuan

Meminta bantuan adalah hal yang paling masuk akal dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Tetapi masalahnya, banyakentrepreneur muda yang malu untuk bertanya atau meminta bantuan. Tentu sangat banyak orang yang bisa membantu Anda dan mengetahui apakah lingkungan sekitar Anda mau membantu Anda atau tidak.

 

Tidak gampang menyerah

Kata-kata diatas adalah kata-kata standar yang hampir diucapkan kepada setiap entrepreneur. “Jangan mudah menyerah” “terus berusaha” dan sebagainya. Tentu kata-kata tersebut mudah diucapkan dan tidak mudah dilakukan. Semua berhubungan dengan mental Anda, apakah Anda orang yang mudah menyerah atau tidak.

 

Terus belajar dari kesalahan

Terlalu banyak doktrin yang bilang, bahwa untuk sukses Anda harus bertemu dengan yang namanya kegagalan. Kegagalan tentu definisinya sangat banyak, gagal mencapai target atau bangkrut juga termasuk gagal. Kata-kata gagal adalah diciptakan oleh Anda sendiri dan Anda gagal karena Anda sendiri. Yang paling penting dari kegagalan ini adalah, bagaimana Anda menghadapi setiap kegagalan Anda. Apakah Anda diam saja dan pasrah. Atau Anda  bangkit dan belajar dari kesalahan tersebut. Semua tinggal bagaimana Anda menyikapi kesalahan atau kegagalan Anda.

 

Curahkan semua energimu

Ini adalah cara kedelapan, Anda harus curahkan semua energimu. Mulai dari waktu, modal sampai tenaga kepada bisnis Anda. Mungkin Anda bisa berbisnis disambi Anda bekerja, tetapi tidak akan optimal. Mau usaha Anda sekeras apapun, ketika Anda tidak mencurahkan 100% kepada bisnis Anda, dijamin bisnis Anda tidak akan berkembang. Mungkin Anda sudah dengan beberapa pebisnis harus keluar dari pekerjaannya untuk berbisnis. Memang diperlukan pengorbanan, tetapi pengorbanan Anda akan terbalaskan ketika mengetahui bisnis Anda sudah sukses nanti.

Memulai bisnis itu bukan seperti berjalan di pusat perbelanjaan, Anda akan menemui banyak sekali masalah. Mulai dari masalah internal sampai masalah eksternal. Tetapi ketika Anda mulai melakukan ke 8 tips diatas, Anda akan menemukan alur yang jelas dalam berbisnis.


Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar