8 Tips membangun Start Up Business dari 0 sampai sukses

  • 8 Tips membangun Start Up Business dari 0 sampai sukses

1. Tetapkan Ide Bisnis

Hampir setiap orang ingin memiliki bisnis sendiri namun tak jarang dari mereka bingung harus memilih bisnis apa. Salah satu cara untuk mendapatkan ide bisnis adalah dengan memikirkan masalah yang banyak dialami oleh orang lain. Solusi atas masalah yang terjadi merupakan ide bisnis yang sangat baik. Namun agar Anda dapat membuat startup bisnis yang sukses maka Anda harus memilih ide bisnis yang sesuai dengan passion / minat Anda. Karena sesuatu yang didasarkan pada passion tidak akan membuat Anda lelah dalam menjalaninya. Misalnya Anda sangat menyukai bidang teknologi maka Anda dapat menyediakan solusi atas masalah teknologi yang sering terjadi saat ini.

2. Rencana Bisnis / Business Plan

Setelah Anda mendapatkan ide bisnis dan telah menetapkan tujuan, sekarang saatnya Anda menjabarkan tujuan Anda dalam sebuah bisnis plan yang terdiri dari beberapa tahap yang dikerjakan selama beberapa waktu ke depan. Berusahalah untuk mengerjakan daftar rencana tsb sesuai waktu yang telah ditetapkan untuk membuat startup bisnis yang sukses. Bila Anda sekarang ini aktif berorganisasi, tentunya sudah mengenal betul apa itu visi misi dan pentingnya bagi kemajuan sebuah organisasi / perusahaan / bisnis. Yap, tujuan bisnis merupakan sebuah visi sementara rencana bisnis merupakan sebuah misi.

Yang Anda perlukan dalam membuat bisnis plan hanyalah sebuah konsep yang simple / sederhana dan cobalah memikirkan hal-hal apa yang diperlukan. Terlalu banyak berpikir tentang konsep malah membuat bisnis Anda diam tak bergerak. Strategi yang sederhana yang dilakukan pada target pasar yang tepat hasilnya akan jauh lebih baik dalam membuat startup bisnis yang sukses.

3. Bangun Tim yang Solid

Membuat startup bisnis sendiri akan terasa sangat sulit, untuk itulah Anda perlu tim yang solid untuk terus menggali ide-ide kreatif dalam membuat strategi-strategi baru dalam pengembangan bisnis. Tak perlu banyak orang dalam membuat startup bisnis, Anda bisa memulainya hanya berdua saja yang memiliki visi dan passion yang sama dengan Anda. Anda dapat mencari partner dari pasangan Anda saat ini, teman, sahabat, ataupun dari keluarga. Tapi ingat harus memiliki niat dan visi yang sama ya!

Anda pun harus meyakinkan partner Anda, bahwa dalam membuat startup bisnis tsb diperlukan kerjasama yang solid tanpa mengharapkan imbalan uang pada awal-awal perkembangannya. Partner bisnis pun harus siap dengan sumber modal yang diperlukan walaupun Anda dapat mencari sumber modal lainnya. Pada prakteknya mencari partner bisnis yang mau bekerja tanpa digaji akan sangat sulit, jadi perlu kesabaran dalam melakukannya.

4. Lakukan Tes Pasar

Tes pasar penting sekali dilakukan dalam membuat startup bisnis yang sukses, untuk mengetahui sejauh mana produk / jasa yang akan kita jual tsb diperlukan oleh konsumen. Berbagai cara dapat digunakan dalam melakukan riset pasar ini, baik menggunakan data yang ada di internet ataupun melakukan survey langsung ke lapangan

5. Onlinekan Bisnis Anda

Dengan semakin banyaknya pengguna internet sekarang ini, maka Anda pun harus membuat startup bisnis yang mampu dipasarkan secara online. Dengan adanya internet ini, bisnis Anda tak hanya akan dikenal di kota ataupun negara Anda sendiri tapi memungkinkan untuk “go internasional“. Anda dapat membuat aplikasi, web / blog, ataupun sosial media sehingga bisnis Anda dikenal oleh masyarakat.

6. Manfaatkan Orang Terdekat Anda

Tak ada salahnya “memanfaatkan” orang terdekat Anda untuk pengenalan produk Anda seperti keluarga dan teman. Mereka dapat dijadikan sebagai tempat promosi gratis dalam membuat startup bisnis yang sukses. Bila bisnis Anda menarik dan bermanfaat, mereka pun tak akan segan untuk menginformasikan ke orang lain bahkan tanpa Anda minta sekalipun loh!

Bahkan dukungan dari keluarga akan membuat Anda lebih bersemangat dan termotivasi dalam membuat startup bisnis ini.

7. Selalu Konsisten

Startup bisnis yang dimulai dengan persiapan yang matang serta progress yang cepat tentu akan meningkatkan rasa percaya diri Anda. Jika startup tsb tidak menunjukkan progress yang baik dalam jangka waktu 6 bulan sebaiknya jangan dilanjutkan karena hanya membuang-buang waktu Anda. Seperti disebutkan di atas, Anda dan partner Anda harus terus kreatif agar dapat memiliki strategi-strategi baru atau memperbaiki strategi yang ada dalam membuat startup bisnis. Strategi yang orang lain lakukan belum tentu bekerja bagi Anda. Namun bila ada peningkatan maka terus lanjutkan proses yang Anda lakukan secara konsisten.

8. Memperbesar Bisnis Anda

Bila dalam waktu 6 bulan terlihat progress yang baik, Anda dan tim dapat memperbesar bisnis Anda. Mengembangkan bisnis perlu setahap demi setahap untuk menghindari risiko kerugian yang terlalu besar dan agar bisnis Anda pun tetap stabil walaupun ada perubahan. Seiring dengan pertumbuhan bisnis, Anda dapat mendapatkan tambahan modal dengan mencari para investor untuk mengembangkan bisnis Anda lebih besar lagi.




Sumber : brilio.net


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar