8 Hal yang Bisa Dipelajari Entrepreneur dari Perilaku Pelanggan

  • 8 Hal yang Bisa Dipelajari Entrepreneur dari Perilaku Pelanggan

Entrepreneur harus senantiasa menganalisis data pelanggan. Sebab dari sini, Anda dapat mengembangkan produk dan layanan baru, mengembangkan strategi kampanye pemasaran, menentukan harga, dan menemukan cara yang efisien untuk melayani sumber uang Anda. Begitu banyaknya hal yang bisa Anda dapatkan dari pelanggan, sehingga tidak ada salahnya untuk memberikan lebih banyak penghargaan bagi mereka. Nah, Apa saja yang harus Anda lakukan dan Apa saja yang bisa Anda pelajari? Berikut 8 di antaranya:

 

1. Pelanggan mengeluh. Mereka akan mengeluh ketika frustrasi, dan mereka akan membuat Anda mengetahuinya. Hal terburuknya adalah ketika mereka berusaha memberi tahu Anda, di belakang Anda. Terutama ketika mereka tidak bisa menjangkau Anda untuk menyampaikan keluhan. Jadi, buatlah diri Anda senantiasa available melalui telepon, website, sosial media, dan email, dan pastikan untuk mendengarkan ketika mereka berbicara.

 

2. Pelanggan menjelaskan. Mereka memiliki ide, gagasan, dan saran. Entrepreneur yang baik belajar untuk mendengarkannya dengan seksama ketika pelanggan mengeluh dan meminta umpan balik sekaligus ide-ide untuk meningkatkan layanan. Pelanggan yang menjelaskan adalah mereka yang masih peduli dengan bisnis Anda.

 

3. Pelanggan berkembang. Agar stay up to date, Anda harus menambang sejumlah data mengenai perilaku, preferensi, dan kebiasaan pelanggan Anda. Anda perlu melacak data mereka dan memahami mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan, dan menggunakan wawasan untuk meningkatkan produk Anda dan kemampuan Anda untuk merespon.


4. Pelanggan pergi. Pelanggan memiliki pilihan dan, setidaknya untuk saat ini, mereka telah memilih Anda dibanding pesaing Anda. Ini tidak berarti mereka akan tinggal bersama Anda. Akan tetapi ketika mereka pergi, Anda perlu memahami mengapa. Misalnya, melalui survey. Terutama ketika Anda ingin meningkatkan pelayanan Anda dan tetap berkompetisi.

 

5. Pelanggan bicara. Mereka akan membicarakan perusahaan Anda melalui sosial media. Maka sekali dua kali lakukan pencarian sederhana sehingga Anda tahu setiap kali seseorang berbicara tentang Anda di Twitter atau Facebook. Anda boleh merespon dengan cepat, dan profesional.

 

6. Pelanggan meninggalkan jejak. Seberapa sering seseorang datang di toko Anda atau mengunjungi situs web Anda? Berapakah nilai rata-rata pembelian atau kontrak dengan Anda? Perhatikan jejak-jejak seperti ini untuk lebih memahami bagaimana Anda dapat melayani mereka.

 

7. Pelanggan pintar. Maka, tidak aneh apabila suatu saat mereka mengajarkan hal yang tidak Anda tahu tentang produk Anda. Anda boleh menghormati kecerdasan mereka dan fokus pada apa yang mereka katakan. Belajar bisa dari mana saja, dan entrepreneur yang baik senantiasa belajar.

 

8. Pelanggan ada di bisnis Anda untuk diri mereka sendiri. Mereka ada bukan untuk Anda, mereka berada di sini untuk diri mereka sendiri. Dalam hubungan transaksional, sangat penting untuk memahami motivasi pelanggan Anda, dan ini bisa dimulai dengan pengakuan bahwa mereka hanya akan bertahan selama mereka merasakan manfaat dari transaksi ini bagi mereka. Maka, Anda harus terus bekerja untuk menunjukkan nilai Anda kepada mereka.


Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar