7 Strategi Ampuh Perkenalkan Bisnis dengan Modal Minim

  • 7 Strategi Ampuh Perkenalkan Bisnis dengan Modal Minim

Memulai bisnis tidak selalu dengan modal yang besar. Banyak startup yang memulai bisnisnya dengan modal yang terbilang kecil.

Modal kecil pun bagi sebagian orang menjadi penghalang yang malah membuat bisnis jadi jalan di tempat. Dengan modal seadanya, banyak pebisnis yang merasa sulit melakukan pemasaran untuk memperkenalkan bisnisnya.

Hal tersebut didukung oleh HubSpot, bahwa tantangan perusahaan dalam melakukan pemasaran adalah minimnya sumber anggaran. Kecuali startup tersebut memiliki modal besar, anggaran untuk memasarkan produk bukan masalah.

Lalu bagaimana caranya meperkenalkan bisnis dengan modal yang tidak besar? Dilansir dari situs Okezone, berikut penjelasannya:

1. Gerilya
Lakukan pemasaran dengan teknik gerilya dengan meningkatkan kreativitas, imajinasi, dan orisinil. Mengingat modal Anda tidak begitu memadai jadi harus menggunakan cara yang lebih kreatif untuk melawan perusahaan besar.

2. Sosialisasi di Media Sosial
Menurut Pew Research Center, hampir dua per tiga orang dewasa di Amerika menggunakan media sosial. Ini merupakan kesempatan baik. Saluran media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram bisa Anda gunakan. Masing-masing platform media sosial memiliki cirinya masing-masing. Anda bisa pilih beberapa yang sesuai dengan bisnis Anda.

3. Buat Konten yang Menarik
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berbagai informasi. Misalnya melalui blog, video hingga infografis. Anda tidak harus membuat konten iklan sendiri. Anda bisa menyewa penulis seperti blogger atau desain grafis untuk membantu menghasilkan konten yang menarik.

4. Adakan Kuis Berhadiah
Semua orang suka hadiah gratis. Memberikan hadiah yang menyenangkan bisa menjadi penghubung baik bagi Anda dan pelanggan. Anda juga bisa mempromosikan produk Anda melalui grup Facebook dan mengadakan kuis. Hadiahnya tentu bisa Anda pilih agar beragam dan bisa menyenangkan pelanggan.

5. Kerjasama dengan Mitra Bisnis
Saat membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha, Anda bisa mencari patner bisnis. Bisa saja bermitra dengan produsen, vendor atau mungkin agen. Dengan begitu masalah anggaran di bisnis Anda bisa sedikit terbantu. Anda juga bisa menjalin mitra bisnis dengan pelanggan. Buat program berhadiah bagi pelanggan yang berhasil menawarkan produk ke orang lain.

6. Saluran Iklan di Google atau YouTube
Untuk memasang iklan di televisi mungkin membutuhkan dana yang besar. Namun tidak dengan iklan di platform seperti Google, Youtube. Dana yang diperlukan lebih sedikit namun bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk Anda.

7. Bantu Diri Sendiri dengan Membantu Orang Lain
Berikan informasi yang berguna. Informasi dalam teknik pemasaran telah terbukti sangat efektif dalam meningkatkan penjualan. Menjawab pertanyaan di forum dan situs-situs lalu arahkan konsumen untuk membuka website Anda untuk informasi lebih lanjut. Pemasaran bisnis Anda dengan anggaran terbatas sangat mungkin dilakukan. Anda hanya perlu lebih kreatif dan berpikir out of the box. 


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar