6 Keterampilan Penting yang Harus Dikuasai Sebelum Memulai Usaha

  • 6 Keterampilan Penting yang Harus Dikuasai Sebelum Memulai Usaha

Memulai sebuah usaha bagi orang awam memerlukan perhitungan yang cermat, baik dari modal yang dibutuhkan hingga produk yang akan dijual.

Perlu diingat, bisnis tidak selalu bicara mengenai uang dan barang, terkadang ada faktor x yang akan membantu Anda dalam menjalankan sebuah bisnis. Faktor x tersebut bisa jadi soal keterampilan.

Keterampilan apa saja yang diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis? Dilansir dari Republika, berikut 6 keterampilan yang mesti dimiliki sebelum memulai usaha:

1. Keterampilan Menjembatani
Maksudnya adalah bila seseorang belum mengetahui harus memulai usaha dari mana, maka bisa mendapatkan informasi dari teman atau orang yang dikenal yang sudah sukses menjalankan usahanya. Tentu caranya bukan sekadar menanyakan kiat-kiat suksesnya dalam berusaha, namun harus mampu membuat pendekatan secara kekeluargaan.

2. Keterampilan Berkomunikasi
Keterampilan ini bisa dilakukan oleh semua orang, namun komunikasi yang seperti apa yang dimaksud? Tentunya interaksi yang baik yang sifatnya dapat mengayomi serta bersahabat. Sehingga orang yang diajak berkomunikasi pun akan merasa nyaman.

3. Keterampilan Mengendalikan Tatapan Mata Lawan Bicara
Dalam hal ini berbeda dengan istilah main mata karena tatapan mata lawan bicara memiliki makna sebuah sikap menghargai kita sebagai lawan bicaranya. Jika lawan bicara ternyata sedang menyampaikan kiat-kiat suksesnya dalam berwirausaha, maka perhatikan matanya agar seolah Anda menyimak yang disampaikannya dengan seksama. Coba latih dengan menggunakan alat bantu seperti pulpen dalam mencatat informasi yang disampaikan tersebut. Sehingga lawan bicara pun merasa dihargai, bahwa informasi yang disampaikan sangat berharga dan penting.

4. Keterampilan Bercermin
Artinya bila lawan bicara sedang menyampaikan informasi yang dibutuhkan serta postur tubuh yang ditunjukkan sangat serius, maka dapat diikuti gerakan tubuhnya tersebut. Karena gerak tubuh juga memiliki bahasa yang dapat menunjukkan ekspresi menghargai lawan bicara. Dengan cara tersebut akan tercipta hubungan baik sehingga dapat dilanjutkan sebagai hubungan bisnis dan sebagainya.

5. Keterampilan dalam Kecepatan
Dalam segi berbicara, tentu ada nada bicara dan kecepatan dalam berbicara. Hal tersebut harus dapat dikendalikan dengan baik, agar tidak menimbulkan kesan buruk pada lawan bicara kita. Selain itu kenyamanan dalam berkomunikasi pun akan tercipta bila kecepatan bicaranya teratur.

6. Keterampilan Mengendalikan Emosi dan Rasa Panik
Ini dia yang paling krusial, yaitu mampu mengendalikan emosi serta rasa panik ketika sedang menghadapi masalah. Ingat, menjalankan bisnis tidak selalu lurus-lurus saja. Akan ada berbagai hambatan yang siap menghadang Anda. Baik masalah besar atau kecil, sepintar atau sehebat apapun Anda, rasanya masalah akan tidak bisa selesai kalau Anda tidak bisa mengontrol emosi dan rasa panik dalam menghadapinya.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar