6 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Meluncurkan Produk Baru

  • 6 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Meluncurkan Produk Baru

Sebelum Anda launching produk sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Ketika Anda sudah mempunyai bisnis dan Anda ingin meluncurkan produk yang baru, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar produk terbaru Anda tersebut tidak gagal dipasaran. Semakin bagus Anda mempromosikan atau mengolah produk Anda sebelum terjun dipasaran, semakin bagus pula respon yang akan didapat. Nah, dibawah ini adalah hal penting yang harus Anda lakukan sebelum melakukan peluncuran produk.

 

Pilih pelanggan untuk mencoba

Ini adalah hal yang sangat penting dilakukan sebelum Anda melakukan peluncuran produk, Anda harus mencobanya. Pertama memang Anda harus mencoba sendiri apakah produk Anda ini bagus, setelah merasa yakin Anda harus melakukan test kepada calon pelanggan. Anda tidak perlu melakukan uji coba produk baru Anda kepada banyak orang, pilih beberapa orang dengan jumlah maksimal 5 orang untuk mencoba produk baru Anda tersebut.

Pilihlah konsumen yang memang loyal atau dekat dengan Anda, kenapa? Karena jika Anda random memilih konsumen untuk mencoba, biasanya mereka akan malu-malu untuk mengatakan yang sesungguhnya. Semakin jujur konsumen Anda dalam mengatakan tentang produk Anda semakin bagus untuk perbaikan sebelum benar-benar diluncurkan.

 

Publikasi

Sama saja dengan bohong ketika Anda meluncurkan suatu produk tetapi tidak ada marketing atau pemasaran yang baik. Ketika produk Anda mulai diluncurkan, keluarkan jurus-jurus marketing yang Anda punya. Mulai dari promosi di website, sosial media ataupun promo-promo yang menarik perhatian. Semakin menarik media publikasi yang digunakan maka kemungkinan produk Anda laku keras di pasaran akan semakin besar.

 

Buatlah rencana untuk pemasaran

Untuk mendapatkan impact yang lebih besar, Anda bisa membuat suatu perencanaan pemasaran yang baik. Jika perlu, Anda bisa melakukan riset pasar agar iklan yang Anda buat benar-benar bisa tersampaikan. Beberapa perusahaan besar menggunakan dana yang sangat besar untuk melakukan promosi setiap produk baru. Jika memang bisnis Anda mempunyai dana yang lebih untuk pemasaran atau marketing, jangan ragu untuk mengeluarkan dana untuk bagian ini.

 

Jual kepada pelanggan tetap Anda

Kenapa? Karena pelanggan tetap Anda adalah pelanggan yang royal. Anda kalau perlu memberi tahu secara detail kenapa Anda membuat produk baru dan kenapa pelanggan tetap Anda tersebut membelinya. Jika produk terbaru Anda tersebut berhubungan dengan produk lama Anda, jangan ragu untuk tawarkan upgrade secara cuma-cuma terhadap pelanggan tetap tersebut.

 

Selalu minta feedback

Setelah produk Anda mulai dipasarkan, jangan ragu untuk meminta feedback kepada pelanggan. Keberhasilan suatu produk adalah karena mendengarkan apa yang diinginkan oleh pelanggan. Ketika produk Anda berhasil untuk membuat solusi, itu akan menjadi nilai lebih dari produk Anda.

Tidak berhenti untuk menciptakan sesuatu yang baru

Jangan pernah berhenti untuk meluncurkan suatu produk yang baru. Bisnis Anda akan terlihat segar ketika mengeluarkan produk yang baru. Pelanggan juga akan mendapatkan lebih banyak pilihan yang tentu juga meningkatkan penjualan Anda.


Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar