6 CARA MENDAPATKAN MODAL USAHA BUAT KAMU YANG BERSTATUS MAHASISWA

  • 6 CARA MENDAPATKAN MODAL USAHA BUAT KAMU YANG BERSTATUS MAHASISWA

Kuliah sambil merintis usaha agaknya sedang menjadi trend baru di kalangan mahasiswa. Alih-alih menyandang status sebagai pengusaha muda, ternyata mampu mendorong kalangan remaja untuk mulai mengawali bisnisnya sejak duduk di bangku perkuliahan. Namun sayangnya, semangat yang mereka miliki terkadang harus terhalang oleh perkara modal usaha. Bagaimana cara mendapatkan modal usaha?

Pertanyaan seperti itu sering kali muncul dari para calon pengusaha muda yang notabene masih berstatus sebagai mahasiswa. Pasalnya, kebanyakan mahasiswa masih mengandalkan jatah kiriman dari orang tua. Bagi kamu yang orangtuanya mampu mungkin tak jadi masalah, tapi bagi mahasiswa yang orangtuanya pas-pasan, sangat mustahil untuk bisa mendapatkan tambahan kiriman untuk modal usaha. Mau tak mau kamu harus berpikir keras agar bisa mendapatkan tambahan penghasilan untuk mewujudkan impianmu jadi seorang pengusaha.

Kali ini kami akan membagikan 8 cara sederhana yang bisa kamu coba untuk mendapatkan bantuan modal usaha, meski kamu masih berstatus sebagai mahasiswa.

Satu, mulai sisihkan sebagian kiriman untuk tabungan usaha. Satu-satunya sumber dana yang bisa kamu jadikan modal usaha adalah kiriman orang tua, mulai dari sekarang sisihkan 10-20% uang kiriman bulanan untuk ditabung di bank. Agar tak terpangkas untuk kebutuhan bulanan, sebaiknya pisahkan tabungan modal usaha dan rekening pribadimu.

Dua, coba ajak teman dekatmu untuk merintis usaha patungan. Jika belum memungkinkan untuk memulainya sendiri, maka rangkul beberapa teman dekatmu untuk membangun usaha patungan. Tak hanya mendapatkan tambahan modal, kamu juga bisa berbagi peran dengan rekan bisnis yang terbangun. Contohnya yang orang tuanya paling kaya bisa menanam modal paling besar (jadi angel investor), yang kuliah di jurusan manajemen bisnis bisa memegang peran sebagai manajer, yang kuliah di jurusan pemasaran bisa bertugas sebagai marketing, dan lain sebagainya.

Tiga, coba ikuti kompetisi wirausaha di kalangan mahasiswa. Sekarang ini hampir setiap tahun kampus-kampus di Indonesia mengadakan kompetisi kewirausahaan untuk menanamkan jiwa entrepreneur di kalangan mahasiswa. Jika kamu memiliki ide bisnis, coba tuangkan gagasan tersebut di ajang kompetisi wirausaha di kampusmu. Biasanya pemenang tidak hanya mendapatkan dana hibah namun juga menjadi wakil untuk maju ke ajang kompetisi wirausaha yang lebih tinggi, contohnya kompetisi wirausaha skala provinsi, ataupun nasional yang diadakan dinas terkait.

Empat, mencari tambahan modal usaha dengan aktif membantu proyek dosen. Kesempatan langka ini tak hanya jadi ajang untuk menambah pengalamanmu tapi juga menghasilkan uang tambahan yang sangat lumayan. Contohnya saja menjadi asisten dosen, atau bisa juga mengikuti proyek penelitian dosen di kampusmu. Dari penghasilan tersebut kamu bisa menabungnya untuk tambahan modal.

Lima, coba hasilkan tambahan modal dari hobi yang kamu punya. Sekarang ini sudah bukan lagi jamannya menghabiskan uang untuk sebuah hobi atau kegemaran, tapi justru dari hobi tersebut kamu bisa menghasilkan pendapatan. Contohnya dari hobi fotografi kamu bisa jualan foto online atau menerima jasa sebagai freelance fotografer, kamu yang hobi main musik juga bisa membuka jasa les musik atau menerima tawaran manggung di tempat-tempat umum.

Enam, manfaatkan smartphone untuk cari ide bisnis online tanpa modal. Salah satu ide bisnis yang bisa kamu jalankan tanpa modal adalah jadi dropshipper produk online shop. Modalnya cuma smartphone dan sering-sering pasang foto produk di semua akun social mediamu. Manfaatkan kontak BBM, WA, Line, ataupun instagram dan akun facebookmu untuk memajang foto produk. Dari keuntungan tersebut kamu bisa mulai mendapatkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnismu lebih besar lagi.





Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar