5 TIPS MARKETING AGAR BISNIS UMKM CEPAT BERKEMBANG

  • 5 TIPS MARKETING AGAR BISNIS UMKM CEPAT BERKEMBANG

Usaha Kecil Menengah (UKM) memang tengah banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini. Berbagai kemudahan yang ditawarkan pemerintah dan perbankan membuat banyak anak muda hingga orang tua tertarik untuk memulai bisnis.

Dalam memulai bisnis, banyak hal yang harus dilakukan agar usaha Anda bisa terus berkembang dan membawa banyak keuntungan. Salah satunya adalah strategi pemasaran agar bisnis yang baru Anda rintis bisa berkembang dengan cepat.

Marketing yang tepat bisa sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Tak heran banyak perusahaan skala besar rela mengalokasikan dana untuk pemasaran besar-besaran.

Sayangnya, upaya serupa tidak dapat dilakukan bisnis skala kecil dan menengah karena alasan keterbatasan bujet. Berikut 5 tips marketing yang cocok bagi UKM dalam mengembangkan usahanya:

1. Jadi socmed savy

Ekspansi internet di Indonesia sudah sangat tinggi. Dari siswa SD hingga orang tua memiliki akses internet di telepon genggamnya. Dan, hampir semua pengguna internet adalah pengguna sosial media.

Hal ini adalah kesempatan emas karena pasar sebenarnya sudah terlihat. Buat akun sosial media untuk bisnis Anda baik di Facebook, twitter, LinkedIn hingga instagram.

Dengan cara ini, pastinya bisnis Anda bisa dengan cepat diketahui banyak orang. Terlebih lagi, masyarakat saat ini lebih menyenangi belanja online ketimbang harus pergi ke mall atau toko untuk membeli barang-barang kebutuhannya.

2. Buat kontes online

Masih dalam rangka memanfaatkan internet, Anda bisa membuat semacam kontes online. Hanya dengan modal sedikit, kamu bisa memancing partisipasi yang tinggi.

Tidak perlu keluar biaya mahal untuk hadiahnya. Sebuah tas keren atau voucher belanja di supermarket sudah cukup untuk menarik minat pengguna internet.

3. Ikuti bisnis award

Masing-masing bisnis punya award yang bisa diikuti. Daftarkan usaha Anda pada award bisnis skala UKM. Jika berhasil masuk dalam seleksi apalagi sampai menang, akan membuat nama usahamu dipercaya oleh pasar.

Belum lagi jika award yang diikuti digelar oleh bank yang bekerja sama dengan media massa seperti radio, koran, media online atau televisi. Hal ini tidak beda halnya dengan iklan gratis pada media-media tersebut.

4. Sponsori acara

Tips ini bisa Anda lakukan pada acara yang menyedot perhatian banyak orang. Misalnya, seperti lomba olahraga antar sekolah, perlombaan musik tingkat lokal atau seminar di sebuah kampus.

Hanya dengan modal kecil untuk memberi hadiah, Anda bisa memasang banner, poster yang mengiklankan produk bisnismu.

5. Dekati media massa

Wartawan membutuhkan berita untuk ditulis dan Anda membutuhkan media untuk publikasi. Dekati sejumlah media baik itu online ataupun cetak, radio maupun televisi. Anda bisa langsung mendatangi kantor media yang bersangkutan atau mengirim rilis mengenai profil bisnismu.

Siapa tahu, model bisnis yang Anda kembangkan menarik di mata wartawan. Jika baru mulai, jangan terlalu berharap bisnismu langsung dipublikasi. Tapi manfaatkan kesempatan ini untuk membangun relasi.





Sumber : merdeka.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar