5 Tangga bisnis yang Harus Diketahui Pebisnis Pemula

  • 5 Tangga bisnis yang Harus Diketahui Pebisnis Pemula

Sebelum memulai bisnis alangkah baiknya kalau Anda paham tentang aturan 5 tangga bisnis. Apa fungsinya tahu tangga bisnis? itu kan cuma teori.

Ya benar. Yang saya bagikan ini adalah DASAR YANG HARUS ANDA PAHAMI. 5 tangga bisnis ini nantinya akan jadi cermin Anda, alat yang bisa membuat Anda paham strategi bisnis apa yang paling cocok dengan kondisi Anda saat ini.

Ibaratnya gini. Ada teman Anda yang jual casing handphone dengan iklan di Instagram bisa dapat penghasilan jutaan rupiah/bulan.

Itu bukan berarti Anda bisa mendapatkan hasil sama dengan cara yang sama. Itu tergantung sedang ada di tangga bisnis mana Anda saat ini.

Berikut adalah 5 Tangga Bisnis yang Perlu Anda ketahui agar Anda bisa menentukan strategi dan kebijakan dalam berbisnis :

1. Starting (Memulai)
Pada tangga ini yang paling penting dilakukan adalah perputaran barang, perputaran uang, serta perputaran pengunjung yang berdatangan. Ini adalah rumus paling dasar tentang BUKA LANGSUNG LARIS yang perlu Anda pahami.

Kebanyakan orang gagal menerapkan RUMUS BUKA LANGSUNG LARIS karena mereka terlalu idealis dengan ide dengan mematok profit yang tinggi. Hal-hal yang harus Anda lakukan ketika masih berjalan di tahap ini adalah:

– Jangan pentingkan PROFIT, berusahalah mengejar OMSET
– Jual lebih Murah dengan PROMOSI
– Jualah lebih banyak meski Profit hanya seiprit.

2. Profiting
Setelah volume penjualan Anda sudah terpenuhi semua
Pada tahap ini Anda sudah diperbolehkan untuk menarget profit lebih tinggi.

Level ini tidak hanya menuntut toko Anda ramai pengunjung, tapi Anda juga harus memperhatikan: Angka repeat order pelanggan (jumlah pelanggan yang datang kembali) dan margin laba (tingkatan profit yang didapat setelah dikurangi semua biaya).

3. Systemizing
Setelah jumlah profit Anda melimpah, tahap ini menuntut Anda untuk menyempurnakan sistem kinerja seperti SOP (Standart Operasional Perusahaan). Jika perlu Anda sudah memerlukan seorang General Manajer yang bisa menggantikan posisi Anda di Toko.

Tujuan utama dari tahap ini adalah membuat bisnis outo pilot agar Anda bisa segera membuka cabang baru lagi dan lagi.

Dalam tahap ini tentu Anda sudah tidak lagi mengkhawatirkan tentang keuntungan, karena toko Anda sudah ramai dan profit perbulan sudah melebihi target.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan hanyalah segera mensistemkan proses bisnis, Membuat SOP, dan menyusun laporan keuangan yang rapi dan representatif.

4. Multipying
Setelah toko Anda tersistem dengan baik, maka saatnya Anda melebarkan sayap dengan membuka cabang-cabang baru.
JANGAN SALAH KAPRAH!!!.

Kebanyakan pebisnis pemula terlalu cepat memutuskan untuk membuka cabang baru, padahal bisnis yang dijalankan masih belum siap. Contohnya seperti profit masih tersendat-sendat, sistem masih belum terbentuk, dan bahkan bisnis masih sepi sudah berani bermain api.

Kalau sudah begitu, alih-alih menyerah mereka malah tersambit oleh bumerangnya sendiri. Nasib
INGAT… Anda baru boleh membuka cabang baru jika sudah melewati 3 tahap diawal.

5. Reeping Fredom
Ini adalah point yang ditunggu tunggu oleh semua pebisnis, Kebebasan Finansial. Jika Anda ditahap ini, maka Anda sudah tidak perlu lagi mengurus toko/bisnis. Kehadiran Anda sudah tergantikan oleh sistem yang baik. Kerja keras Anda sudah tergantikan pula dengan puluhan cabang baru yang berhasil Anda buka.

Jadi bagaimana? Anda sedang berada di tangga bisnis ke berapa?



Sumber : http://bursareseller.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar