5 Tahapan Agar Bisnis Bisa "Go International"

  • 5 Tahapan Agar Bisnis Bisa

Di era informasi terbuka seperti sekarang ini, merambah pasar luar negeri bukan sekedar mimpi di siang bolong. Banyak pebisnis lokal yang perlahan memasarkan produk-produknya sampai ke luar negeri.

Tentunya untuk bisa menembus pasar luar negeri dibutuhkan berbagai inovasi agar produk yang Anda tawarkan lebih unggul daripada kompetitor. Selain itu, ada tahapan-tahapan lain yang bisa Anda lakukan agar bisnis Anda semakin dikenal di seluruh dunia.

Dikutip dari situs Okezone, berikut berbagai tips yang bisa Anda lakukan untuk go international:

1. Cari Informasi Sebanyak-Banyaknya
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi terkait bisnis Anda. Misalnya, untuk bisnis souvenir atau kerajinan tangan, Anda harus mencari informasi seberapa besar minat orang-orang di luar negeri bila Anda memasarkan produk di sana. Apakah penjualan ukiran dan cenderamata buatan Anda di luar negeri akan memberikan keuntungan besar? Bagaimana biaya produksi bila benar-benar di pasarkan di luar negeri? Apakah akan menutupi biaya produksi kalau angka penjualannya tinggi? Apakah tidak akan defisit terlalu banyak seandainya penjualannya menurun? Hal seperti inilah yang harus diperhatikan dan dipahami.

2. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi
Tahukah bahwa kekuatan promosi bisa menjadi salah satu kesuksesan bisnis? Silakan buat jaringan seluas mungkin. Mungkin media sosial bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dan melakukan promosi. Apalagi masyarakat bisa menilai dan memberikan komentar langsung yang bisa dibaca dan diulas orang lain. Kalau bisnis Anda berhasil, itu berarti promosi yang dilakukan berhasil. Otomatis, ulasan baik datang dari para pembeli.

3. Ciptakan Sesuatu dengan Kualitas Nomor 1
Sudah pasti barang dengan kualitas nomor 1 akan dicari banyak orang. Meskipun harganya agak sedikit mahal, tetap saja ada orang yang mau membelinya karena kualitasnya. Terlebih jika ingin menjalankan bisnis di luar negeri. Selain itu, dari ulasan, Anda juga bisa menilai dan melakukan introspeksi apakah kualitas barang sudah bisa diterima di luar negeri atau belum. Evaluasi ini penting agar ke depannya barang atau bisnis Anda hasilkan dapat diterima dengan baik.

4. Cari Relasi
Mencari kerja sama atau relasi tidaklah gampang. Relasi ini bisa dimanfaatkan untuk apa saja, misalnya untuk mencari modal tambahan, kerja sama penitipan barang atau konsinyasi, dan lainnya. Termasuk juga media promosi dan periklanan. Karena itu, ada baiknya Anda meluaskan jaringan dan mencari relasi. Untuk barang, bekerja samalah dengan menjadi pemasok atau supplier. Untuk bidang jasa, Anda bisa bekerja sama sebagai penyedia layanan atau jasa tambahan.

5. Miliki dan Atur Rencana Bisnis Anda
Melebarkan bisnis ke luar negeri berarti mengembangkan skill dan strategi dalam berbisnis. Jika memang benar, ada baiknya Anda memiliki rencana dan mengatur bisnis sejelas mungkin. Bisa saja rekan kerja Anda atau perusahaan luar ingin melihat rencana bisnis Anda ke depannya untuk memastikan bahwa mereka menjalin relasi dengan orang yang tepat. Dengan begitu, mereka akan lebih yakin untuk melakukan kerja sama jika perencanaan Anda jelas. Anda juga bisa memikirkan rencana selanjutnya seandainya rencana yang sedang berjalan sekarang berhasil. Misalnya, ketika memiliki bisnis di luar negeri dan hal tersebut sudah tercapai, sudah tentu Anda tidak akan berdiam diri dan tidak memikirkan mau dibawa ke mana nantinya bisnis Anda, bukan? Pasti Anda mencari target selanjutnya agar bisnis Anda menjadi baik dan lebih baik dari sebelumnya. Dengan adanya perencanaan bisnis ini Anda tidak perlu khawatir nantinya mengenai target selanjutnya. Anda seperti sudah memiliki sketsa sendiri untuk ke depannya dan tinggal dikembangkan serta dilakukan.



Sumber : okezone.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar