5 Pelajaran Sukses dari Ray Kroc Sang Pembesar McDonald

  • 5 Pelajaran Sukses dari Ray Kroc Sang Pembesar McDonald

Ray Kroc adalah seorang pengusaha yang paling terkenal dengan prestasinya dalam mengubah McDonald's dari restoran lokal menjadi kerajaan global yang melayani lebih dari 25 juta orang per hari di hampir 20.000 gerai di seluruh dunia. Dia pertama kali berhubungan dengan McDonald saat dia menjualnya dengan multi mixer. Segera setelah dia mengunjungi toko di San Bernardino, dia melihat sebuah kesempatan yang tidak bisa dia abaikan. 

Pimpinan dan indra bisnisnya membantu membuat rantai restoran terbesar McDonald's sepanjang masa dan membuat lebih banyak orang (franchisee) menjadi jutawan daripada satu organisasi dalam sejarah. Inilah 10 pelajaran sukses dari Ray Kroc: 

1. Memiliki visi besar
Ray Kroc memiliki rencana yang jauh lebih besar dalam pikirannya. Dia memiliki visi besar untuk McDonald's. Dengan visi tersebut, dia berbicara dengan saudara McDonald's untuk membeli saham perusahaan tersebut. Dia pertama kali membayangkan 8 restoran ini mengaduk burger dan segera menghasilkan uang tunai, hari ini, lengkungan McDonald's adalah salah satu logo yang paling dikenal di dunia. Melalui visinya, ia menjadi salah satu pemimpin bisnis terdepan di dunia. Sementara yang lain melihat keterbatasan, seorang pemimpin melihat peluang dan kemungkinan.

2. "Aktif" dalam bisnis
Ketika Ray Kroc mengamankan hak waralaba master McDonald's, dia tidak pergi bekerja di restoran McDonald's. Dia pergi untuk bekerja 'pada' McDonald's 'bisnis'. Bagi Kroc, restoran McDonald's yang pertama hanyalah model atau prototype yang bisa diproduksi ulang lagi dan lagi di kota-kota besar di seantero negeri.

Alih-alih secara pribadi menggulung lengan bajunya untuk menjalankan sendi, dia malah mulai menganalisis setiap fungsi operasional McDonald's dari pembelian sampai persiapan ke memasak dan pembersihan. Tanpa mengubah esensi konsep, dia membuat penyempurnaan dan terus mengembangkan seperangkat standar dan prosedur yang komprehensif, yang pada dasarnya adalah sebuah sistem untuk menjalankan McDonald's.

3. Ciptakan peluang
Kroc tahu bagaimana menciptakan peluang untuk dirinya sendiri. Seperti yang dia katakan kepada seorang penulis biografi, "Saya terobsesi dengan gagasan untuk membuat McDonald's menjadi yang terbesar dan terbaik." Kroc meraih kesuksesan dengan peduli dengan bisnisnya lebih dari orang lain.

4. Cintai apa yang Anda lakukan
"Jika Anda bekerja hanya karena uang, Anda tidak akan pernah berhasil, tapi jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan dan Anda selalu mengutamakan pelanggan dan kesuksesan akan menjadi milik Anda," kata Ray Kroc.

Bisnis harus tentang apa yang dapat Anda berikan untuk pelanggan Anda, dan betapa bergairahnya Anda terhadap hal itu. Jika hasrat akan bisnis Anda dan bagi pelanggan Anda tidak ada, bisnis Anda akan mati.

5. Jadilah pengambil risiko
Menurut Kroc, "Jika Anda bukan pengambil risiko, Anda harus keluar dari bisnis."

Pikiran yang tidak berani untuk mengambil risiko membuat Anda kehilangan kesempatan untuk sukses. Kroc mengambil model bisnis kecil dan memulai sebuah rencana ekspansi yang panjang tanpa tahu betul apa hasilnya.

Berikut adalah pelajaran bisnis Dari Ray Kroc pemimpin McDonald's. Semoga bermanfaat.





Sumber : finance.detik.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar