5 Kesalahan Umum yang Anda Lakukan Dengan Pemasaran Influencer

  • 5 Kesalahan Umum yang Anda Lakukan Dengan Pemasaran Influencer

Pemasaran influencer dengan cepat menjadi salah satu strategi paling efektif bagi pemasar yang tertarik untuk membangun merek yang kuat. 94 persen pemasar yang menggunakan strategi pemasaran influencer percaya itu efektif. Sebuah penelitian menemukan bahwa 74 persen pembelian dilakukan melalui rekomendasi dari mulut ke mulut, dan pemasaran influencer adalah salah satu cara paling efektif untuk mendorong pembelian dari mulut ke mulut.

Dari berbagai penelitian di atas, maka tidak mengherankan bahwa pemasar semakin merangkul strategi branding influencer untuk mencapai tujuan bisnis mereka. Sayangnya, terburu-buru untuk menggunakan strategi pemasaran influencer, beberapa pemasar melakukan beberapa kesalahan umum. Untungnya, ini dapat dengan mudah dihindari jika Anda mengetahuinya.

Berikut 5 kesalahan pemasaran influencer umum untuk dihindari agar berhasil.

1.       Gagal memahami audiens Anda.

Jika Anda tidak benar-benar mengenal pelanggan Anda, Anda tidak akan pernah dapat menciptakan strategi pemasaran influencer jangka panjang yang efektif. Pemasar harus memahami dengan jelas tentang siapa pelanggan Anda dan apa yang mmebuat pelanggan tertarik untuk membeli dari merek Anda.

Untuk membuat persona pemasaran, Anda perlu memahami kebiasaan membeli, menemukan, informasi demografis, dan informasi psikografis. Biasanya, semua data ini dapat dikumpulkan melalui wawancara pelanggan.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang target audiens Anda, jauh lebih mudah untuk mengidentifikasi influencer yang tepat untuk bekerja dengannya. Selain itu, Anda akan dapat memberikan influencer dengan ringkasan yang jelas yang akan membantu mereka untuk melayani tujuan pemasaran dan bisnis Anda dengan lebih baik. 

2.       Tidak menggunakan analitik untuk mengukur kinerja.

Satu-satunya cara untuk benar-benar mengetahui apakah kampanye pemasaran influencer efektif adalah dengan menggunakan platform analitik untuk mengukur hasil. Kebutuhan untuk mengukur kinerja, terutama berlaku bagi mereka yang tertarik pada kampanye pemasaran influencer berbasis Instagram.

Alat analitik Instagram ini membantu memahami apakah influencer memang menghasilkan jangkauan dan keterlibatan yang mereka harapkan. Selanjutnya, menggunakan tautan pelacakan di profil Instagram yang mengarah ke situs web perusahaan Anda, dapat membantu Anda memahami apakah kampanye influencer mendorong kunjungan situs web dan pembelian.

3.       Menghindari pemasaran influencer karena satu eksperimen gagal.

Pemasar tidak pernah meninggalkan pemasaran influencer hanya karena satu kampanye tidak berhasil. Sebaliknya, gunakan data untuk meningkatkan upaya pemasaran Anda. Coba pelajari mengapa kampanye Anda sering gagal. Belajar dari kegagalan adalah kunci keberhasilan pemasaran.

4.       Kesalahpahaman praktik terbaik pemasaran influencer.

Sebelum memulai kampanye pemasaran influencer, luangkan waktu untuk mempelajari praktik terbaik yang akan membantu Anda menemukan kesuksesan lebih cepat. Menghadiri acara yang berfokus pada pemasaran influencer adalah cara yang baik untuk cepat menjadi berpengetahuan tentang strategi pemasaran baru ini.

5.       Memilih agen yang tidak berpengalaman untuk mengelola hubungan influencer.

Karena pemasaran influencer telah menjadi sangat efektif, agensi pemasaran berebut menawarkan layanan pemasaran influencer. Sayangnya, banyak agensi yang tidak memiliki pengalaman nyata dengan strategi pemasaran influencer.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sama dengan agen, pastikan untuk memilih salah satu yang memiliki pengalaman bekerja dengan strategi pemasaran influencer yang terkait dengan industri Anda atau jenis bisnis. Berbicaralah dengan pelanggan sebelumnya untuk memahami apakah biro iklan benar-benar mampu membantu Anda dan tim Anda menjadi sukses.

Kesimpulan

Untuk menciptakan strategi pemasaran influencer yang sukses, penting bagi Anda untuk memahami audiens Anda dan beralih ke analitik untuk memandu pilihan. Pastikan untuk memberi pengaruh kepada para influencer, dan pikirkan baik-baik tentang langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh audiens target. Ingat bahwa pemasaran influencer dapat memakan waktu untuk menghasilkan keberhasilan, tetapi strategi yang efektif dapat secara dramatis memengaruhi laba jika dibuat dengan benar.

Semoga Bermanfaat


Sumber : http://laruno.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar