5 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Franchise

  • 5 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membeli Franchise

Menjalankan bisnis franchise memang tak begitu susah mengingat sudah ada paten dari pemilik franchise itu sendiri, simak kiat-kiatnya berikut ini.

Siapa sekarang yang tidak ingin berbisnis dan langsung menghasilkan uang yang banyak? Sepertinya hampir tidak ada yang tidak mau. Nah, satu-satunya cara adalah Anda membeli franchise atau waralaba. Tetapi, Anda juga harus membutuhkan uang yang tidak sedikit untuk membeli franchise. Karena dengan membeli franchise, Anda mengadaptasi 100% dari bisnis yang sudah ada tersebut. Sekarang banyak sekali bisnis franchise, apapun sekarang serba di franchise. Mulai dari kuliner, distro, jasa sampai restoran. Nah, sekarang inilah 5 hal yang harus Anda tahu sebelum membeli bisnis franchise.

 

Mempunyai sistem bisnis yang kuat

Inilah hal pertama yang harus Anda lihat sebelum membeli franchise, apakah franchise tersebut mempunyai sistem bisnis yang kuat. Bagaimana sistem keuangan, sistem promosi sampai bagaimana sistem pembagian hasilnya. Anda harus melihat secara detail dan benar-benar tidak ada kecurangan. Karena jika ditengah jalan, bisnis Anda tiba-tiba surut karena sistem franchisenya yang buruk.

 

Mempunyai brand yang besar

Ini sudah pasti, Anda tidak mungkin membeli franchise tetapi franchise tersebut kurang terkenal. Padahal tujuan membeli franchise adalah mendapat keuntungan karena franchise tersebut telah ramai atau telah banyak dikenal orang. Menurut survey, orang membeli franchise karena brand franchise tersebut sudah terkenal. Tetapi, brand yang besar atau franchise yang sudah terkenal biasanya memiliki harga yang mahal, Anda perlu merogoh koceh dalam-dalam.

 

Memberikan inovasi

Untuk melihat apakah franchise yang ingin Anda beli mempunyai inovasi atau tidak, Anda harus melihat track record franchise tersebut. Kenapa? Karena Anda pasti tidak ingin kan membeli franchise yang hanya bertahan 1 atau 2 tahun karena produk yang dijual itu-itu saja. Ini sebenarnya adalah proses dari bisnis, bagaimana bisnis tersebut bisa semakin berkembang, harus ada sebuah inovasi.

 

Memiliki fasilitas training

Pastikan Anda memilih franchise yang mempunyai fasilitas training yang baik. Ketika sudah matang Anda memilih franchise, lalu Anda menjalankannya, Anda tentu kelabakan jika tidak mendapatkan training bagaimana cara mengolah bisnis franchise ini. Pastikan Anda tahu bagaimana menangani sistem keuangan, pegawai sampai kegiatan sehari-hari franchise tersebut. Lalu Anda harus bersiap-siap menghadapi segala resiko yang akan terjadi dalam menjalankan franchise tersebut. Fasilitas training yang bagus tentu mengajarkan Anda menangani bisnis franchise yang bagus pula.


Franchise yang sehat

Semua franchise memang sehat, tampak luarnya memang terlihat sehat, tetapi Anda tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi didalam franchise tersebut. Pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu di klien-klien franchise tersebut apakah franchise tersebut keuangannya memang sehat atau tidak.

Memang tidak ada franchise yang sempurna, tetapi setidaknya Anda bisa melihat apakah franchise tersebut memang cocok untuk dibeli. 



Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar