5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan

  • 5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan

5 Dampak Buruk Jika Menjalankan Bisnis Tanpa Perencanaan – Sebagian entrepreneur pemula belum menyadari betapa pentingnya perencanaan bisnis dan cenderung menjalankan usaha dengan modal nekat. Mereka terlalu berani mengambil resiko, namun tanpa pertimbangan yang matang sebelum melangkah. Mereka bersikeras dengan keinginannya dan merasa sudah siap menghadapi tantangan berbisnis.

Rencana bisnis adalah bagian awal dan mendasar dari sebuah bisnis. Baik itu bisnis skala besar maupun skala kecil, semuanya perlu memiliki perencanaan bisnis yang matang. Dengan adanya rencana bisnis, Anda akan lebih siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi saat produk Anda dirilis.


Hanya saja, masih ada pebisnis yang meremehkan perencanaan bisnis, terutama bagi mereka yang menjalankan usaha kecil dan menengah, serta yang menjalankannya seorang diri. Alasannya, proses membuat rencana bisnis memakan waktu lama dan mereka sudah tidak sabar untuk segera memasarkan produknya.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin berbisnis, yuk mulai membuat rencana bisnis Anda sebaik mungkin. Jika tidak, Anda akan mengalami berbagai akibat yang buruk saat bisnis Anda telah berjalan.


5 Akibat Buruk Jika Anda Tidak Membuat Rencana Bisnis

1Visi dan Misi Tidak Jelas

bertanya - berpikir - bangkit setelah bisnis gagal

Tanpa perencanaan bisnis, Anda tidak akan punya tujuan yang jelas dan terperinci untuk jangka panjang. Visi dan misi Anda bisa berubah-ubah dan tidak pasti. Anda jadi kebingungan dalam memahami keseluruhan operasional bisnis yang begitu kompleks. Akibatnya, proses eksekusi ide bisnis yang ada di kepala Anda menjadi berantakan. Anda tidak punya strategi bisnis yang kuat dan terkonsep dengan jelas.


2Anda Tidak Realistis

katakan tidak

Sebagai pebisnis Anda mempunyai ekspektasi yang besar pada bisnis Anda. Sejak ide bisnis hadir di pikiran Anda, saat itu pula Anda mulai membayangkan kesuksesan yang akan Anda capai. Hal yang wajar dan manusiawi untuk bermimpi. Namun, terkadang realita tidak seindah ekspektasi. Anda akan menghadapi berbagai kenyataan buruk yang tidak pernah Anda pikirkan. Karena Anda belum menyiapkan perencanaan bisnis, maka Anda akan menjalankan bisnis sesuai ekspektasi di pikiran Anda saja. Anda lebih mengandalkan emosional dan mengabaikan logika berpikir.


3Produk Anda Tidak Diminati Pasar

review yang buruk - feedback yang buruk - feedback negatif

Riset adalah bagian dari perencanaan bisnis. Riset itu penting untuk mengukur minat pasar terhadap produk Anda sebelum diluncurkan. Namun, jika Anda tidak mempersiapkan rencana bisnis, Anda hanya mengira-ngira apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sebagai konsumen Anda. Padahal, bisa saja pada kenyataannya produk Anda tidak cocok dengan target market Anda, bahkan tidak diminati saat ini.


4Tidak Siap Menghadapi Kompetitor

cara yang baik saat menghadapi keluhan konsumen

Era globalisasi membuat persaingan bisnis semakin ketat. Banyak bisnis bermunculan, namun tidak bertahan lama. Bahkan ada yang bertahan setahun saja. Jika Anda tidak menyiapkan rencana bisnis, Anda tidak mengamati kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda. Akibatnya, bisnis Anda tidak menawarkan sesuatu yang berbeda. Produk Anda tidak bisa lebih unggul karena Anda tidak memahami strategi lawan Anda.


5Kemungkinan Gagal Jadi Lebih Besar

hindari hal ini saat bekerja sama dengan influencer

Bagi yang punya modal besar, mungkin kegagalan tidak akan menjadi masalah besar. Jika gagal, Anda bisa memulainya lagi dari awal. Namun, bagi Anda yang punya modal terbatas, Anda harus lebih serius. Siapkan rencana bisnis sedari awal. Jika tidak, kemungkinan gagal akan lebih besar. Karena Anda akan menjalankan beberapa kesalahan dan Anda tidak tahu cara untuk segera mengatasinya. Jadi, jika Anda gagal membuat rencana bisnis, maka Anda sejatinya sedang merencanakan sebuah kegagalan.


Sumber : http://entrepreneurcamp.id


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar