5 Cara mudah menyalurkan hobi menjadi uang lewat bisnis online

  • 5 Cara mudah menyalurkan hobi menjadi uang lewat bisnis online

Katanya menjadi mahasiswa itu punya banyak waktu. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan waktu masih duduk di bangku kuliah. Mulai dari ikut aktif di unik kegiatan kampus, ngembangin hobi bareng teman, sampai menjalankan bisnis.

Nah, buat yang merasa kreatif, dan ingin nambah-nambah uang jajan, kamu bisa memanfaatkan bakat kalian lewat jalur online. Seperti yang kalian tahu, dunia digital bisa membantu kalian menyalurkan bakat kalian.

Siapa tahu aja, yang awalnya iseng dan hobi bisa punya penghasilan tetap. Apa saja itu? Yuk simak beberapa di antaranya.

1. Penulis

Siapa sih yang nggak bisa nulis? Ya, rata-rata orang sudah bisa nulis dari kecil. Tapi, belum tentu semua orang punya bakat dalam menulis yang disukai banyak orang. Itulah alasannya mengapa kamu yang kreatif perlu menjadi penulis. Salah satunya, kamu bisa memanfaatkan dunia internet dengan menjadi blogger. Nyatanya, pekerjaan ini cukup menggiurkan lho.

Langkah awalnya, kamu bisa lihat referensi tulisan yang ada di Google. Lalu, kamu bisa memulainya dengan menulis di forum-forum. Apabila kemampuan mulai terasah, kamu bisa memulai membuka blog pribadimu. Untuk awal sih, bisa coba website gratisan. Setelah kamu sudah memiliki pembaca yang cukup banyak, kamu bisa membeli nama websitenya dan mulailah dengan beriklan.

2. Usaha online

Tertarik untuk menjadi pengusaha online? Kalian bisa bikin produk yang kalian sendiri atau bisa juga menjadi reseller. Ya, tergantung dari kreativitas kalian. Kalau mau bikin sendiri sih, buat saja dalam jumlah yang masih sedikit. Terus, coba tanya orang-orang sekitar. Satu hal yang perlu diingat, masukan mereka bukan berarti menjatuhkan, lho. Setelah itu, coba jual di beberapa toko jual beli online.

Buat kamu yang nggak mau repot, kamu bisa menjadi reseller juga kok. Caranya, kamu membeli barang yang sudah diproduksi terus dijual kembali. Atau, kamu juga bisa menjadi dropshipper, soalnya ada beberapa yang bisa menghemat modalmu.

3. Trading online

Buat yang suka internetan dan pintar dalam perhitungan, kamu bisa mencoba pekerjaan sampingan ini. Banyak banget situs trading saham yang beredar, kamu tinggal belajar seluk-beluknya dan mencoba dalam jumlah yang kecil dulu. Contohnya, dengan membaca buku dari Dr. Alexander Elder dengan bukunya yang berjudul Trading for a Living.

4. Kreator video

Hobi yang satu ini juga boleh kamu jajal. Membuat video berdasarkan minat dan bakatmu. Nggak melulu narsis, kamu bisa tunjukin tips atau lifehack versi kamu sendiri, atau bisa buat video traveling, reaction video, dan masih banyak lagi.

Langkah mudahnya kamu bisa lihat referensi video dan cara membuatnya. Misalnya saja, dengan membuat video dengan aplikasi yang beredar  gratis di iOS atau Android. Misalnya saja, aplikasi Vigo Video. Tak perlu sempurna, yang penting kamu punya konsep yang jelas dan nantinya kamu tahu kelebihan dan kekurangan konten yang sudah kamu buat.

5. Guru via online

Ini juga nggak kalah menarik. Buat kamu yang punya keahlian di bidang tertentu, kamu bisa belajar menjadi guru via online, seperti ngasih tutor, guru les, atau freelancer. Ada cukup banyak situs yang bisa kamu coba. Siapa tahu aja, usahamu ini bisa membuatmu mendapat penghasilan tambahan saat sedang belajar di bangku sekolah.




Sumber : brilio.net


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar