5 Cara Bikin Bisnis Makin Maju

  • 5 Cara Bikin Bisnis Makin Maju

Setiap tahun pertumbuhan bisnis di Indonesia pasti meningkat tajam, tapi setiap tahun juga banyak bisnis yang hilang di telan jaman. 

Meskipun ada beberapa bisnis yang terbukti semakin melesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Tak dapat dapat di pungkiri Perkembangan di dunia bisnis harusnya disambut dengan baik karena secara tidak langsung akan memperluas lapangan pekerjaan di tanah air.

Tapi masih banyak pengusaha yang enggan bersaing dan akhirnya bisnis mereka meredup atau bahkan mati.

Padahal, ada caranya membuat bisnis makin berkembang bahkan saat kondisi buruk sekalipun. Lakukan 4 Cara Ini:


1. Evaluasi Rencana & Kinerja Bisnis Setiap Akhir Tahun

Perkembangan suatu bisnis dapat diketahui dengan cara menilai bisnis secara keseluruhan mulai dari manajemen, produksi, keuangan, pemasaran.

Semuanya harus dievaluasi secara menyeluruh untuk mengetahui kapasitas suatu divisi yang sudah dilakukan selama periode tertentu. Evaluasi ini bisa dijadikan sebagai pedoman untuk memperbaiki performa perusahaan di masa yang akan datang.

Dengan evalusi rencana kerja, grafik pertumbuhan perusahaan bergerak ke arah positif setiap tahun.


2. Membentuk

Di balik bisnis yang sukses, terdapat karyawan yang tepat. Para pelaku bisnis tidak hanya manajer atau CEO, tapi juga seluruh karyawan yang terlibat dalamnya.

Pertumbuhan bisnis dimotori kedua belah pihak yang memiliki aspek kerja yang berbeda-beda. Meskipun manajer dan karyawan memiliki jenjang karier yang berbeda, keduanya harus mampu bekerja secara tim untuk menciptakan keserasian kerja. Carilah karyawan dengan metode P.I.S (Passion, Integritas, Skill)


3. Berikan Nilai Tambah Untuk Produk Yang Dijual 

Tidak dapat dipungkiri, kualitas produk menjadi komponen penting dalam perkembangan bisnis. Sebuah bisnis harus mampu memproduksi produk yang berkualitas untuk dijual kepada para konsumen agar dapat memenangkan produk pesaing. Kenapa kualitas produk begitu penting? Sebab kualitas sangat menentukan umur ekonomis sebuah produk.

Jangan lupa berikan nilai tambah terhadap produk yang kita ingin jual, jangan hanya kualitas tapi perhatikan nilai tambah agar banyak orang berpikir kenapa mereka harus membeli produk kita??


4. Perluas Jaringan Bisnis Untuk Mendapatkan Investor

Ada cara lain agar bisnis dapat bertumbuh secara potensial yaitu salah satunya dengan memperluas jaringain bisnis. Pimpinan perusahaan perlu melakukan penyegaran strategi bisnis secara menyeluruh.

Apabila strategi yang digunakan masih sangat sederhana, kembangkan strategi tersebut menjadi lebih kompleks demi kemajuan bisnis. Jaringan bisnis juga dapat di tempuh jika kita ingin mencari investor dalam bisnis kita, pastikan kerjasama dapat terjalin lancar yah!


5. Layani Customer Dengan Memuaskan

Konsumen merupakan elemen yang sangat penting dalam berbisnis. Tanpa konsumen, bisnis akan mati secara perlahan. Kita harus melayani para konsumen dengan sepenuh hati. Pelayanan bisa dimulai dari komunikasi yang efektif antar kedua belah pihak.

Jangan lupakan juga target perusahaan untuk di capai, berikan training terhadap seluruh jajaran direksi. Terapkan sistem monitoring, reward & punishment.



Sumber : finance.detik.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar