4 Tips Sukses Raih Modal Lewat Sistem Crowdfunding

  • 4 Tips Sukses Raih Modal Lewat Sistem Crowdfunding

Di era digital seperti saat ini, ide cemerlang mengenai sesuatu bisa Anda jual secara online. Bila banyak yang merespon, akan datang dana segar dari segala penjuru yang disebut crowdfunding.

Selain ide brilian, Anda cukup memerlukan koneksi internet dan laptop. Kemudian, utarakan ide Anda tersebut dan para sponsor akan datang.

Perwakilan dari Kickstarter menyebutkan bahwa 36 persen proyek yang muncul di web tersebut berhasil mencapai target mereka.

Cara kasarnya memang seperti itu, tapi ada beberpa tips dan trik yang harus Anda cermati untuk bisa sukses gaet modal lewat sistem crowdfunding ini:

1. Lindungi Ide Anda
Pertama, sangat penting untuk melindungi ide atau properti intelektual di bawah payung hukum. Pengacara hak paten bisa membantu Anda dalam mengajukan hak paten sementara yang memberikan Anda perlindungan yang sementara.

2. Buat Buzz dari Produk Anda
Membangun buzz untuk sebuah produk sebelum Anda memulai kampanye lewat sistem crowdfunding juga sama pentingnya. Apapun produk yang Anda tawarkan, sangat penting untuk memasarkannya sehingga diketahui banyak orang.Buzz bisa dibentuk, salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan sosial media yang sangat membantu Anda dalam hal pemasaran secara murah.

3. Buat Video
Orang-orang yang sukses menggalang modal lewat sistem crowdfunding setuju bahwa keberadaan video mengenai produk sangatlah krusial. Kampanyekan produk Anda dengan video berdurasi tiga menit atau kurang yang menggambarkan produk yang hendak Anda tawarkan. Cara ini bahkan bisa meningkatkan 50 persen lebih peluang untuk dilirik oleh para penanam modal. Video tersebut tidaklah harus dibuat secara profesional, tapi harus terlihat profesional.
 
4. Buat Perencanaan yang Matang
Di awal Anda menggalang dana lewat crowdfunding, sebaiknya Anda sudah memiliki perencanaan yang matang. Saat modal terkumpul, Anda sudah memiliki langkah lanjutan. Penting juga untuk bersikap jujur dan terbuka pada para penyuntik dana.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar