4 Tips sederhana mengawali bisnis baru

  • 4 Tips sederhana mengawali bisnis baru

Saat ini, berbisnis menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh banyak orang untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tak heran, mulai dari bisnis makanan hingga tekstil pun ditekuni. Namun bagi kamu yang pertama kali ingin membangun bisnis terkadang masih takut gagal.

Pelatih IT dari Ikatan wanita pengusaha Indonesia (Iwapi), Moza Pramita Pramono memiliki tips bagi kamu yang baru ingin memulai bisnis, apa saja ya?

1. Cari tahu usaha apa yang disuka

Moza mengatakan hal yang paling mendasar untuk memulai usaha adalah mencari tahu apa yang paling disukai. "Jadi kita juga harus tahu mau jualan apa, mulai dari kesukaan dulu deh. Misalnya suka hijab, suka tas atau suka jam tangan. Awalnya dari situ aja dulu," kata Moza di acara penandatanganan Commonwealth dan Mastercard di Hotel Pullman, belum lama ini.

2. Menjadi reseller

Nah jika sudah mendapatkan barang apa yang akan dijual. Kamu bisa memulai dengan menjadi reseller dan mengambil di supplier. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko kerugian yang besar.

3. Perbanyak searching mengenai bisnis

Saat ini dunia digital sudah semakin berkembang. Siapapun sudah bisa mengakses apapun melalui internet. Bahkan belajar bisnis juga bisa melalui internet mengenai tips-tips berbisnis, lho.

"Sekarang kan banyak ya tutorial di internet soal foto produk, soal packaging sampai soal pemasaran. Bisa pelajari dari situ jangan batasi diri," jelasnya.

4. Hindari menggabungkan uang pribadi dengan modal usaha

Selain itu hal yang tidak kalah penting adalah masalah keuangan. Kebanyakan pengusaha baru selalu menggabungkan uang pribadi dengan modal usaha. Moza mengatakan untuk menghindari hal itu.

"Bagi yang akan memulai usaha harus memperhatikan arus keluar masuk dana yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar pengusaha mengetahui pengeluaran dan pemasukan secara profesional. Sehingga bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman ke bank," tutupnya.




Sumber : brilio.net


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar