3 TIPS MEMILIH BISNIS WARALABA MODAL KECIL UNTUNG BESAR

  • 3 TIPS MEMILIH BISNIS WARALABA MODAL KECIL UNTUNG BESAR

Menjalankan sebuah bisnis yang dimulai dari nol memang bukan perkara yang mudah. Pelaku bisnis membutuhkan kerja keras untuk mengembangkan bisnisnya tersebut. Namun, sekarang ini telah banyak bisnis yang tidak hanya dapat dimulai dari nol saja. Bisnis yang dimaksud disini adalah bisnis waralaba atau franchise.

Bisnis waralaba ini memberi kesempatan kepada pelaku bisnis lain untuk menjadi mitra bisnis. Pelaku bisnis tidak perlu lagi repot-repot mengurusi proses produksi yang rumit. Dengan bisnis waralaba, semua produk serta tata cara yang diperlukan sudah disiapkan.

Dalam bisnis waralaba ini, pembeli franchise hanya perlu mencari lokasi yang strategis dan juga karyawan. Permasalahan dalam bisnis ini adalah modal usaha, bisnis waralaba terkadang membutuhkan modal usaha yang besar hingga puluhan juta rupiah. Namun, sekarang kita tidak perlu khawatir lagi dengan modal usaha yang besar untuk memulai sebuah bisnis waralaba  karena telah banyak waralaba atau franchisor lokal yang menawarkan kerjasama sebagai mitra bisnis dengan modal kecil.

Saat ini ada banyak pilihan untuk bisnis waralaba dengan modal kecil, sehingga membuat bisnis waralaba banyak digemari dan menjadi salah satu alasan orang untuk menjalankan bisnis sendiri.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih bisnis waralaba modal kecil untung besar.

1. Tentukan jenis bisnis waralaba dengan modal kecil

Menentukan pilihan bisnis waralaba dengan jelas dan tepat adalah hal terpenting sebelum memulai bisnis. Sekarang ini banyak sekali bisnis waralaba yang dapat Anda pilih, mulai dari jual beli tiket pesawat, bisnis makanan dan minuman, bisnis salon sampai dengan bimbingan belajar.

Semua jenis bisnis waralaba tersebut memiliki prospek yang sangat bagus, namun yang tidak dapat dilupakan adalah Anda harus bijak dalam menentukan jenis usaha yang sesuai dengan potensi pasar yang ada di sekitar kita. Untuk itu mantapkan diri Anda pada satu pilihan jenis bisnis waralaba yang sesuai dengan potensi pasar yang ada di kota Anda.

2. Sesuaikan bisnis dengan modal kecil yang Anda miliki

Untuk jenis bisnis waralaba, perkara mengenai modal usaha bisa sangat beragam karena bisnis waralaba memberikan banyak pilihan kepada kita baik dari segi waralaba yang ditawarkan maupun dari segi brand yang hal itu tentu saja berkaitan dengan besarnya modal usaha yang harus kita persiapkan.

Adapun bisnis waralaba dengan modal kecil yang kita miliki sekitar 5 hingga 7 jutaan, maka bisnis waralaba yang dapat kita pilih misalnya saja adalah gerobak makanan unik, gerobak minuman dan lain sebagainya.

3. Pilih waralaba yang telah ternama

Waralaba ternama tentu saja menjadi perhatian serta pertimbangan penting bagi kita sebelum menentukan jenis waralaba mana yang akan kita pilih. Bagi kita yang masih belum begitu paham dan mengerti dengan bagaimana sebenarnya prospek bisnis menggunakan sistem waralaba ini, mungkin Anda dapat melihatnya dari beberapa nama waralaba yang telah eksis selama bertahun-tahun atau minimal 2 tahun.

Kunci sukses dalam mengembangkan bisnis waralaba dengan modal kecil adalah pemilihan brand atau produk yang hendak dipasarkan serta lokasi untuk bisnis. Lokasi bisnis yang strategis tentu saja juga ikut berperan dalam membuat peluang pemasaran semakin tinggi sehingga jangkauan konsumen juga semakin luas.

Sedangkan untuk pemilihan brand akan sangat mempengaruhi pilihan konsumen karena konsumen akan lebih cenderung menyukai produk yang telah lama mereka kenal sebelumnya. Dan yang tetap harus diingat adalah jangan pernah menyerah dan putus asa karena setiap bisnis pasti memiliki resiko kerugian tanpa terkecuali bisnis waralaba modal kecil. Namun dengan tekad yang kuat, yakinlah bahwa kesuksesan akan menghampiri kita.




Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar