3 TIPS BISNIS TANPA MODAL

  • 3 TIPS BISNIS TANPA MODAL

Sumber modal terkadang menjadi hambatan setiap orang yang baru memulai usaha. Banyak orang yang ingin memiliki usahanya sendiri namun tidak mampu melakukannya, karena tidak mempunyai uang yang cukup sebagai penganggran modal awal. 

Namun ternyata, hal tersebut bukanlah hambatan yang besar. Anda tetap bisa menjadi seorang pengusaha sukses dengan modal minim apabila Anda mampu mengkombinasikan keterampilan, etos kerja serta taktik pemasaran yang baik. Berikut caranya membuat bisnis tanpa modal yang bisa Anda praktikkan:

1. Menjual kembali
Kalau membuat sebuah produk baru merupakan hal yang sulit untuk Anda lakukan, cobalah untuk menjual barang-barang yang sudah ada. Banyak pengusaha yang mampu tumbuh sukses hanya dengan memperjualbelikan barang-barang yang telah dibuat sebelumnya. Hal ini dapat Anda coba lakukan dengan berbagai cara seperti mengadakan garage sale atau membuka toko jual beli lewat media online.

2. Menawarkan jasa
Salah satu bisnis yang dapat Anda lakukan untuk memulai membangun sebuah usaha tanpa harus memiliki modal yang banyak adalah dengan menawarkan kemampuan yang Anda miliki. Ada banyak sekali jasa yang dapat Anda tawarkan sesuai dengan latar belakang atau passion yang Anda tekuni.

Beberapa pekerjaan memang membutuhkan keterampilan khusus. Namun, banyak penawaran jasa yang dapat Anda kerjakan dan tidak membutuhkan keterampilan khusus, seperti menjadi pengasuh anak atau asisten pribadi. Terlihat mudah memang apabila Anda memilih untuk menekuni pekerjaan ini. Akan tetapi, Anda juga harus mampu membuat citra positif agar keterampilan Anda dapat terus dipakai oleh para klien.

3. Ciptakan sesuatu
Menciptakan sesuatu memang membutuhkan budget tertentu dalam pembuatannya, namun ternyata, produk hasil karya kita sendiri ini dapat dijual dengan harga yang jauh lebih besar dibanding ongkos pembuatan.

Anda bebas memilih produk apapun yang ingin Anda buat. Untuk segi pemasarannya, Anda dapat mencoba menjual di beberapa website online.


Beberapa produsen memilih untuk menjual produknya di beberapa platform yang berbeda untuk menarik massa lebih banyak. Satu hal yang perlu diingat adalah Anda harus terus memperbaharui produk Anda di semua website tempat Anda menaruh barang.




Sumber : finance.detik.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar