3 KESALAHAN DALAM NEGOSIASI BISNIS

  • 3 KESALAHAN DALAM NEGOSIASI BISNIS

Ketika melakukan negosiasi bisnis, kebanyakan pelaku usaha hanya memikirkan besarnya keuntungan yang bisa mereka dapatkan. Tentu budaya ini tidak sepenuhnya benar, sehingga tidak heran bila sampai saat ini banyak pelaku usaha yang pada akhirnya bangkrut karena cara mereka melihat negosiasi bisnis hanya sebatas uang.

Padahal, sebenarnya banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan pelaku usaha dari negosiasi bisnis yang Ia jalankan. Kesepakatan antara kedua belah pihak bisa menghasilkan sebuah hasil mufakat untuk sama-sama membesarkan bisnsi Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam masukan positif dari mitra bisnis yang Anda miliki.

Nah, agar negosiasi bisnis yang Anda jalankan bisa mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan Anda. Sebaiknya hindari 3 kesalahan dalam negosiasi bisnis yang sering dilakukan para pelaku usaha.

Mengunggulkan produk tanpa ada dukungan fakta

Tak sedikit pelaku usaha yang senang menyampaikan keunggulan produk mereka namun tidak diimbangi dengan bukti nyata di pasaran. Tentu cara ini tidak cukup kuat untuk meyakinkan calon mitra bisnis Anda, untuk itu sebaiknya ceritakan apa visi dan misi perusahaan Anda kemudian sampaikan pula lika-liku perjalanan bisnis Anda hingga pada akhirnya produk unggulan yang ditawarkan bisa diterima baik oleh kalangan masyarakat luas. Bila perlu, tampilkan pula beberapa testimoni asli dari para konsumen, sehingga calon investor Anda semakin yakin dengan kredibilitas perusahaan Anda.

Belum berani mempertahankan harga

Dalam sebuah negosiasi bisnis, terkadang para pelaku usaha menghadapi situasi dimana tawar-menawar harga mulai terjadi. Ketika menghadapi kondisi tersebut, tak sedikit diantara mereka yang akhirnya menyepakati harga jual yang diminta klien bisnis mereka. Sehingga tidak heran bila pada akhirnya harga tawar yang didapatkan tidak begitu tinggi karena mereka belum berani mempertahankan harga jual produk-produknya.

Kurang menyadari setiap pertemuan adalah negosiasi

Sampai saat ini para pelaku usaha masih mengartikan negosiasi dalam artian sempit. Padahal, setiap pertemuan yang kita habiskan dengan mitra bisnis maupun calon investor merupakan sebuah peluang untuk menciptakan sebuah kerjasama bisnis. Untuk itu, berikan kesan positif kepada mereka agar kedepannya bisa terjalin kerjasama yang baik.





Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar