3 Hal yang Ditakuti Para Pemimpin Bisnis dan Solusinya

  • 3 Hal yang Ditakuti Para Pemimpin Bisnis dan Solusinya

Seorang pemimpin perusahaan tentunya dituntut untuk lebih berani menghadapi situasi apapun, termasuk beberapa hal berikut ini.

CEO, pemimpin, pemilik bisnis atau apalah namanya, Anda perlu wajib waspada. Dalam menjalankan bisnis, Anda akan selalu mendapatkan sesuatu yang tidak terduga. Mulai hal yang positif ataupun hal negatif. Maka dari itu, Anda harus wajib mengetahui, apa saja sebenarnya ketakutan dari pemilik bisnis dan bagaimana cara Anda menyiasatinya.

 

Informasi yang tidak lengkap

Sering kali Anda akan mendengar beberapa informasi yang tidak jelas atau disebut kabar burung. Mulai mengenai perusahaan Anda akan dihentikan pendanaannya atau bahkan kabar mengenai penjualaan akan bangkrut. Itu tentang berita negatif, namun Anda juga bisa saja mendapatkan informasi yang positif. Mulai berita tentang penjualan produk Anda akan ramai dan sebagainya. Sebagai seorang pemimpin bisnis, walaupun terlihat sepele, hal ini bisa sangat mempengaruhi kelangsungan perusahaan Anda. Misalnya Anda gegabah dan membuat keputusan yang salah.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah, jangan terlalu gampang percaya. Selalu cross check apa saja informasi yang Anda dapat dengan sumber yang akurat. Jika Anda mempunyai partner, selalu berkomunikasi dengan partner Anda. Kuncinya adalah komunikasi, ini hal kedua yang dapat Anda lakukan. Sebaiknya Anda lebih sering melakukan, tidak hanya dengan partner tetapi juga dengan karyawan, untuk mengetahui apakah informasi yang Anda dapat tersebut memang benar.

Takut salah mengambil keputusan

Ini wajar, bahkan setiap pemimpin perusahaan apapun pasti memiliki rasa takut saat dihadapkan untuk mengambil keputusan. Apalagi jika Anda menghadapi keputusan yang sulit. Beberapa pemimpin perusahaan besar di dunia membuat keputusan yang salah dan akhirnya membuat penjualannya turun bahkan perusahaannya dijual karena diambang kebangkrutan. Nah, sebagai pemimpin Anda harus bisa mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Bagaimana caranya?

Setiap keputusan yang Anda buat akan berimbas positif dan negatif, walaupun sedikit. Itu yang harus Anda tahu terlebih dahulu. Usahakan Anda memperhitungkan setiap resiko dari setiap kemungkinan keputusan. Ini memang terlihat sulit diawal dan memerlukan kebiasaan terlebih dahulu. Ketika pengalaman Anda banyak, setiap mengambil keputusan akan menjadi lebih mudah.

 

Banyak yang iri pada Anda

Seperti pepatah, semakin tinggi pohon maka semakin kencang angin yang berhembus. Ini sudah tidak bisa dipungkiri, sebagai pemimpin Anda tentu akan banyak merasakan rintangan entah itu dari pesaing Anda atau yang lainnya. Mulai dari yang ingin menjatuhkan Anda dan mungkin iri pada Anda. Mereka iri dengan kemampuan Anda, Tetapi jangan salah, ternyata banyak pemimpin perusahaan yang takut dianggap bodoh didepan orang lain. Yang harus Anda lakukan adalah, Anda harus tetap tenang dan dapat memahami situasi. Dan yang penting adalah, jangan hiraukan pendapat orang lain yang dapat mengganggu stabilitas perusahaan yang Anda pimpin.




Sumber : studentpreneur.co


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar