13 Prinsip Sukses dari Think and Grow Rich

  • 13 Prinsip Sukses dari Think and Grow Rich

13 Prinsip Sukses dari Think and Grow Rich – Berbicara mengenai kesuksesan tidak akan pernah habisnya. Begitu banyak buku-buku yang menjual ide-ide atau langkah-langkah bagaimana menuju kesuksesan itu tadi.

Salah satu buku yang paling terkenal, best-selling, dan juga mengubah hidup Merry Riana adalah buku Think and Grow Rich karya besar Napoleon Hill.

Jika kamu ingin mengubah cara pandang, mencari jati diri, atau sekedar menemukan tujuan hidup maka buku ini adalah pilihan yang tepat sebagai panduan.

Buku ini ibarat kitab suci yang harus kamu baca berulang-ulang sehingga tidak cukup rasanya bila hanya dibaca satu kali. 

Namun, bagi kamu yang belum pernah membaca maka sangat disayangkan sekali karena buku ini sangat fenomenal dan sudah mengubah hidup dan cara berpikir banyak orang di dunia.

Kabar baiknya, aku sudah merangkum buku ini menjadi lebih ringkas dan lebih mudah untuk dipahami buat teman-teman yang memang belum sempat membaca atau mungkin ingin membacanya kembali.

Apa saja prinsip-prinsip penting yang perlu diingat dari Think and Grow Rich? Mari sama-sama kita simak ulasan berikut

1Keinginan Membara

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-2-696x464.jpeg

Bagi siapapun yang ingin sukses, penting memiliki keinginan yang terbaik atau setidaknya keinginan yang lebih baik dibandingkan kondisi kamu saat ini. Tanpa adanya keinginan dalam hidup maka tidak akan ada yang namanya motivasi atau alasan untuk bertindak.

Keinginan sederhana tidak akan menghasilkan apapun. Apa yang dibutuhkan adalah keinginan membara untuk suatu hal yang akan menimbulkan aksi nyata dan memberikan hasil.

Demi terwujudnya kesuksesan nyata, sebuah keinginan adalah hal mutlak. Bila kamu lebih fokus kepada kekurangan yang ada maka kamu akan lebih menarik kekurangan itu secara tidak sadar ke hidupmu. Oleh karena itu, sangat penting untuk terus berpikir positif.

Ketika kamu fokus pada keinginan, kamu dikonsumsi oleh perasaan memiliki benda/hal tersebut seakan-akan kamu sudah memiliki gambaran bagaimana rasanya memiliki itu semua dalam hidupmu.

Keinginan inilah yang mengiringmu untuk melakukan aksi yang memberikan hasil dan juga mendorongmu keluar dari zona nyaman karena ketika kamu menginginkan sesuatu, kamu tidak akan diam saja tanpa melakukan apapun.

2Keyakinan Mutlak

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-3-696x464.jpeg

Ketika sebuah keinginan terbendung dan menarik emosi kita maka akan timbul dari dalam keyakinan kita sendiri. Demi terwujudnya keyakinan, kamu harus memiliki keyakinan bahwa mimpi-mimpimu akan menjadi nyata.

Saat kamu benar-benar memiliki keyakinan mutlak pada suatu keinginan dan percaya itu akan terwujud, maka elemen-elemen ini akan bermanifestasi menjadi sebuah fisik diri.

Keyakinan kita memegang kekuatan besar yang hampir selalu terwujud. Bila kamu memiliki keinginan untuk menjadi nyata, percayalah dan milikilah keinginan bahwa apa yang kamu inginkan akan terwujud.

Sebelumnya, kamu harus meyakinkan dirimu bahwa kamu pantas untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan dan merasakan bahwa keinginan itu akan menjadi milikmu tak lama lagi. Keyakinan mutlak lah yang menjadikan keinginan terwujud.

Jika kamu merasa sulit untuk memiliki keyakinan, ulangi kata-kata penegasan ini bahwa “semua keinginanmu pasti terwujud.” Jika kamu saja bisa mengulang-ulang sesuatu, maka tindakan ini akan terdengar nyata dan sangat mungkin bahwa ide itu tidak akan terdengar aneh lagi.

Kontrol keyakinanmu, saat kamu memulai menemukan pola pikir yang membatasi diri, pilih kata-kata penguatan dan ulangi lagi untuk melawan keyakinan yang membatasi.

3Meyakini Diri Sendiri

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-4-696x441.jpeg

Tidak ada satu alasan pun yang membuat kita tidak percaya pada keinginan atau mimpi-mimpi kita sendiri. Setiap kita menginginkan sesuatu, kita harus selalu percaya pada diri kita sendiri bahwa kita bisa.

Selama ini, otak kita telah dicuci oleh lingkungan masyarakat. Lingkungan kita memberi kesan bahwa apa yang kita mimpikan tidak akan terwujud atau terdengar mustahil.

Padahal, jauh di lubuk hati terdalam kita benar-benar meyakini hal ini dan pada akhirnya membuat kita sulit untuk percaya pada diri sendiri bahwa kita pantas mendapatkannya.

Demi menghilangkan perasaan ini, kamu perlu berdoa atau bermeditasi. Kunci dirimu di kamar atau pergi ke sebuah tempat yang kamu rasa tenang dan sepi yang bisa memberi pikiranmu istirahat dan mengulang kembali keinginan yang telah kamu tanam dalam dirimu.

Fokus saja pada kelayakanmu dan miliki keyakinan mutlak. Bersama dengan waktu, bibit keinginan yang telah kamu tanam selama meditasi dengan bantuan kata-kata penegasan akan mengubah itu semua menjadi keyakinan.

Sebagai tambahan, mulai tulis mimpi-mimpi atau tujuan hidup yang ingin kamu capai di sebuah secarik kertas atau karton besar lalu tempel di sebuah tempat yang paling sering kamu lihat atau lewati.

Akan lebih baik bila kamu tempel di dinding kamar atau dibalik pintu kamar agar kapanpun kamu bisa membaca dan mengucapkan mimpi-mimpimu itu berulang-ulang. Buat tulisan yang besar dengan warna mencolok agar mampu menarik perhatianmu terus dan kamu selalu bisa mengingatnya.

4Pengetahuan Khusus

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-5-696x474.jpeg

Jika memperoleh ilmu pengetahuan menjamin sebuah kesuksesan, profesor-profesor di dunia akan menjadi orang-orang terkaya di dunia. Namun sangat disayangkan, fakta yang ada di lapangan sangat jauh dari itu semua.

Hanya dengan memiliki pengetahuan tidak akan membuat orang cerdas atau sukses secara finansial. Hal ini terbukti dari fakta bahwa informasi sekarang ini tersedia di mana saja bagi siapapun.

Semua pengetahuan yang ada di dunia ini hanya semudah “mengklik” di internet dan kamu bisa mendapat banyak sekali sumber informasi. Dengan begitu pun, orang tersukses di dunia hanya 1% dari populasi yang ada.

Hal ini terjadi bukan karena sekedar memperoleh pengetahuan itu namun bagaimana memanfaatkannya dan menjadikan kita berhasil. Penggunaan yang tepat dari pengetahuan khusus dapat membuat orang menjadi sukses.

Oleh karena itu, daripada fokus mendapatkan ilmunya, lebih baik fokus pada sebuah pengetahuan yang membuat keinginan-keinginanmu menjadi nyata dan membantumu mencapai kesuksesan.

5Imajinasi

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-6-696x392.jpg

Imajinasi sudah terbukti berguna jika digunakan untuk tujuan yang baik dibandingkan hanya untuk hiburan semata.

Imajinasi yang kreatif berguna ketika kamu ingin menjadi orang sukses. Dengan kata lain, imajinasi sintetis disebabkan oleh efek-efek lingkungan sekitar kita dan imajinasi kreatif menjadi penyebab efek-efek itu muncul.

Ketika kamu menggunakan imajinasi khusus untuk memvisualisasikan dan membayangkan buah/hasil dari keinginanmu sebagai sebuah realita, maka bisa dipastikan hal tersebut akan mulai terbentuk dan pada akhirnya menjadi sebuah realita. Seperti kutipan Napoleon Hill, “What the mind can conceive and believe it can achieve.”

6Rencana yang Terorganisir

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-7-696x610.jpeg

Menjadi sukses, kamu perlu sebuah rencana konkret. Rencana ini harus menjadi suatu cara/alat untuk mencapai apa yang kamu inginkan. Ambil waktumu untuk membuat konsep perencanaan dan tulislah di sebuah buku/kertas.

Ketika kamu menulisnya, kesempatan terwujudnya rencana itu semakin meningkat sehingga selalu pastikan kamu menulis tiap-tiap rencanamu lalu lanjut dengan memilah-milahnya ke dalam bagian tujuan-tujuan yang bisa diterapkan.

7Buat Keputusan/Tindakan

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-8-696x464.jpeg

Makna keputusan yang dimaksud oleh Napoleon Hill pada buku ini adalah keputusan atau tindakan tegas, bukan keputusan yang dibentuk kemudian dilupakan begitu saja.

Orang-orang yang sering membentuk dan mengubah keputusannya adalah orang yang hampir tidak pernah memperoleh apa yang mereka inginkan.

Kamu perlu benar-benar percaya pada keputusan-keputusanmu sejauh keputusan itu hal konkret dan harus ditindaklanjuti. Namun, bukan berarti keputusan di sini tidak bisa diubah.

Maksudnya lebih kepada, sebuah keputusan bila terlalu sering diganti maka keputusan tersebut masih belum kuat dan matang. Jadi pastikan terlebih dahulu segala sesuatunya baru ambil sebuah keputusan/tindakan kemudian perhatikan hasilnya hingga akhir.

8Gigih

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-9-1-696x465.jpg

Banyak orang gagal pada upaya awal, mereka mungkin sudah gagal ratusan kali. Namun, fakta sederhana adalah kegagalan berkali-kali membuktikan dedikasi dan kekuatan mereka yang membawa mereka pada pencapaian kesuksesan di masa yang akan datang.

Banyak sekali orang gagal di awal, mengatakan bahwa tantangan yang ada terlalu sulit bagi mereka sehingga hasilnya mereka tidak pernah sukses.

Demi menjadi sukses, harus ada kualitas yang tak tergoyahkan akan mimpi-mimpi tersebut di dalam diri kita. Atau dengan kata lain, kamu menginginkannya dan kamu akan melakukan apapun yang dibutuhkan untuk menjadikan mimpi-mimpimu menjadi kenyataan.

9Kekuatan Pikiran

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-10-696x553.png

Salah satu prinsip penting demi mencapai kesuksesan yang kamu inginkan adalah kamu perlu mensejajarkan getaran pikiranmu dengan getaran sama yang hanya bisa diperoleh dari orang-orang yang sepemikiran denganmu.

Bila kamu mengelilingi dirimu dengan orang-orang malas yang cenderung lebih suka membuang waktu dan tidak memiliki ambisi apapun maka sudah bisa dipastikan kamu akan terbawa ke dalam situasi itu juga dan mengorbankan semua keinginanmu tadi.

Pilih teman secara bijaksana dan hati-hati. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang memotivasimu untuk mencapai lebih tinggi, menginspirasimu, dan memberimu tantangan.

Dengan demikian kamu pasti akan cepat menggapai itu semua, dan tanpa kamu sadari kamu bahkan bisa memperoleh lebih dari yang kamu harapkan.

10Transmutasi

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-11-696x464.jpeg

Prinsip ini adalah prinsip yang paling kontroversial pada buku Napoleon Hill. Dia menjelaskan bahwa kita semua memiliki energi seksual yang tinggi dalam diri kita yang bisa kita gunakan untuk memikat orang-orang yang menarik bagi kita.

Jika kita mengumpulkan energi ini dan menggunakannya dengan imajinasi kreatif, kita akan bisa terlihat lebih mempesona dan menarik bagi orang-orang.

Pesona ini dapat membantu kita memperoleh apa yang kita inginkan dengan meyakinkan orang-orang di sekitar kita, melalui mereka yang bisa membantu kita mencapai keinginan tersebut dengan makna positif pastinya.

11Pikiran Bawah Sadar

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-12-696x480.jpg

Sering sekali, kita sangat menginginkan sesuatu namun dibatasi oleh keyakinan kita sendiri yang menjadikan kita sulit membuat keinginan menjadi nyata.

Kita tidak bisa mengontrol pikiran bawah sadar dengan cara menenangkan kesadaran kita dan menanamkan keyakinan yang ingin kita lihat tercermin dalam hidup kita.

Tindakan ini paling baik diperoleh melalui meditasi karena kita hanya bisa mengontrol dan selaras dengan alam bawah sadar kita saat itu.

Sederhananya, alam bawah sadar kita adalah dalang sejati yang memutuskan apa yang akan dan tidak akan terwujud dalam hidup kita.

12Otak

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-13-696x538.jpg

Menurut penelitian, ketika kreativitas kita melonjak, pikiran bawah sadar kita menjangkau sebuah keadaan yang dapat diprogram kembali dengan cara relatif lebih mudah.

Itulah pentingnya kita terlibat dalam kegiatan-kegiatan kreatif yang membantu kita masuk ke dalam keadaan pikiran yang benar.

Saat kita ingin mengulang kalimat penegasan akan keinginan-keinginan kita pada pikiran sadar sembari membiarkan diri kita menjangkau kondisi pikiran melalui visualisasi kreatif dan imajinasi, gambaran-gambaran pada alam sadar dirasakan seperti nyata oleh pikiran bawah sadar kita.

Singkatnya, ketika kita memvisualisasikan sesuatu, pikiran bawah sadar kita tidak dapat membedakan kondisi imajinasi yang nyata dengan tidak nyata. Maka dari itu, kekuatan pikiran sangat berpengaruh menjadikan segala sesuatunya menjadi nyata.

13Indra Keenam

Inspirasi-Prinsip-Sukses-dari-Think-and-Grow-Rich-14-696x418.jpeg

Indra keenam disini maksudnya adalah intuisi atau firasat. Indra keenam menjadi lebih mendalam/besar ketika kamu mulai meditasi/berdoa dan masuk ke dalam pikiran bawah sadar.

Pikiran bawah sadar berhubungan dengan kebijaksanaan tak terbatas dari alam semesta/Tuhan/kekuatan yang lebih besar dari manusia.

Ketika kita mendengarkan alam bawah sadar kita, yang dialihkan ke alam semesta, kita memperoleh jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sebaiknya menghindari kita. Jawaban-jawaban ini mungkin datang sebagai firasat yang tidak bisa kita abaikan.


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar