11 Trik Promosi Bisnis Kuliner Jitu Khas Anak Muda

  • 11 Trik Promosi Bisnis Kuliner Jitu Khas Anak Muda

Bisnis kuliner makin menjamur dimana-mana, artinya saingannya makin banyak dan kamu pun membutuhkan usaha yang lebih keras untuk memasarkan produkmu agar orang semakin mengenalnya. Kamu juga wajib tahu, bahwa kunci bisnis yang sukses ada pada apa teknik marketing yang digunakan oleh si pemilik bisnis.

Beberapa teknik marketing ini bisa kau coba untuk membuat bisnismu terus melesat dan bisa bersaing dengan pemilik bisnis kuliner lainnya. Tak hanya berinovasi pada produknya saja, teknik marketingmu pun harus terus diperbaharui. Ini dia salah satunya…

1. Pilih nama brand yang mudah diingat dan gampang diucapkan calon pelanggan

Bisnis kulinermu pun sama, dengan nama yang mudah diingat dan diucapkan bisnismu akan lebih mudah berkembang karena orang selalu membicarakannya dari mulut ke mulut. Bukan hanya brand secara umum, nama-nama tiap menu makanan yang kamu punya pun harus unik dan tidak biasa.

2. Buat dan miliki koleksi foto-foto bagus dari produk kulinermu. Ini penting, biar orang lain ngiler saat melihatnya

Foto-foto ini nantinya bisa kamu pasang di media sosial, spanduk, pamflet, selebaran, maupun di warung atau cafemu. Syaratnya foto yang kamu ambil harus benar-benar bisa menggugah selera setiap orang yang melihat foto tersebut agar mereka membelinya. Foto-foto yang kamu ambil juga harus bisa memenuhi mata-mata lapar dari tiap konsumenmu. Kekuatan foto di era digital saat ini sangat luar biasa lho!

3. Pilih satu target pasar yang spesifik dan pasang harga yang bersaing

Misalnya tentukan satu lokasi yang menurutmu akan menjadi pasar yang potensial. Menjual sarapan murah di sekitar kampus contohnya, bisnis ini jelas sangat potensial untuk sukses. Karena saingan akan selalu ada dimana-mana, kamu harus memasang harga yang bersaing.

Apalagi di awal bisnisnmu, harga yang kamu pasang merupakan modal utama untuk menarik perhatian pelanggan. Jadi luangkan waktu untuk memberikan perhatian lebih dalam menentukan harga dan target pasar.

4. (WAJIB) Buat akun media sosial dan blog, serta pastikan kamu meng-updatenya setiap hari

Media yang paling cocok untuk bisnis kuliner saat ini mungkin adalah blog dan instagram. Selain penggunanya yang cukup banyak di Indonesia, Instagram juga punya fitur-fitur yang sangat menarik dan jauh lebih elegan. Sementara blog bisa menceritakan lebih detail tentang segala hal yang berkaitan dengan bisnismu.

Manfaatkan hashtag dan pastikan kamu mem-posting promosi bisnis kulinermu di jam-jam yang tepat yaitu waktu dimana banyak orang mulai membuka media sosialnya misalnya sebelum kerja atau usai pulang kerja dan di jam-jam istirahat.

5. Sisakan tempat khusus selfie dan minta pelanggan menge-share momen ini di sosial media mereka. Biar bisnismu makin eksis!

Jika bisnis kulinermu berbentuk sebuah warung atau cafe, bukan katering, maka buatlah sebuah tempat atau sudut yang comfy untuk selfie maupun wefie. Minta para pelanggan yang selfie disana untuk meng-share moment tersebut lengkap dengan mention atau hashtag yang mempromosikan bisnis kulinermu. Pastikan juga kalau kamu melayani mereka dengan baik sehingga komentar yang mereka tulis di media sosial pun bisa meng-upgrade bisnismu.

6. Bagi-bagi kupon dan memberi diskon mungkin sudah biasa, tapi tetap penting dan perlu dilakukan

Bagaimanapun, orang-orang akan selalu tergoda dengan kupon dan diskon. Berikanlah beberapa kupon makan gratis pada acara-acara besar yang digelar oleh lembaga, organisasi, maupun kampus. Dari kupon gratis itu orang akan datang ke warung atau cafemu, kemudian mereka akan menceritakan mengenai kuliner yang ada di tempatmu. Sementara diskon, dimanapun selalu terbukti bisa menarik lebih banyak pelanggan. Agar tak merugi pasang diskon di waktu-waktu tertentu saja.

7. Biarkan orang lain ikut mensukseskan bisnismu! Adakan photo contest atau lomba makan, misalnya

Kamu bisa membuat sebuah photo contest yang melombakan foto-foto terbaik yang pelangganmu ambil saat memfoto makanan di tempatmu. Hasilnya juga bisa kamu manfaatkan untuk update sosial media. Atau buatlah kompetisi review wisata kuliner yang menceritakan tentang menu-menu yang tersedia di tempatmu.

Selain membuat nama bisnismu semakin dikenal banyak orang, ikatan antara kamu dan pelanggan juga bisa tumbuh lebih besar, lho!

8. Jangan lupakan kartu nama. Benda kecil yang bisa membuat bisnismu kian mendunia

Saat kamu pergi ke suatu acara dan bertemu dengan banyak profesional disana maka akan sia-sia jika kamu tak mengenalkan bisnismu. Bawalah selalu bussiness card-mu kemanapun kamu pergi dan berikan pada mereka yang menurutmu potensial untuk menyebarkan kabar tentang perkembangan bisnismu. Cantumkan informasi-informasi penting dalam bussiness card-mu sehingga kamu mudah dihubungi, baik personal maupun urusan bisnis lainnya.

9. Pastikan karyawanmu ramah dan memanjakan pelanggan dengan fasilitas terbaik

Pelayan yang ramah dan murah senyum akan menarik lebih banyak pelanggan karena pada dasarnya mereka lebih mengutamakan kenyamanan. Manjakan mereka juga dengan fasilitas-fasilitas terbaik seperti tempat duduk dan meja yang nyaman, piring dan gelas yang unik, dekorasi dan desain warung/cafe yang menarik, wifi, dan full music. Dijamin pelangganmu bisa makin ‘lengket’, lebih dari sebelum-sebelumnya.

10. Bukan cuma kantong plastik saja, berinovasilah dengan kemasan produk yang menarik sehingga orang terlalu sayang untuk membuangnya

Kemasan yang unik akan membuat orang-orang penasaran dan ingin membelinya. Kemasan-kemasan unik sekarang sudah menjadi terobosan umum bagi para pebisnis. Tapi kamu tak boleh kehilangan ide untuk membuat desain kemasan yang lebih baru dan kekinian lagi.

11. Terapkan delievery order, sehingga pelangganmu tak kesusahan untuk memesan

Jangan lupa untuk mempermudah setiap pelayanan yang ada dalam bisnismu misalnya cara memesan tempat melalui online atau sistem delievery order. Kemudahan yang kamu berikan pada pelanggan akan membuat mereka merasa nyaman dan tetap setiap pada kuliner buatanmu.

Kuncinya jangan menyerah! Teruslah berinovasi dan berani bersaing dengan bisnis kuliner lain. Good luck!





Sumber : hipwee.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar