10 STRATEGI PEMASARAN UNTUK TINGKATKAN DAYA SAING UKM

  • 10 STRATEGI PEMASARAN UNTUK TINGKATKAN DAYA SAING UKM

Pertumbuhan jumlah UKM di Indonesia yang semakin hari kian melonjak pesat, mau tidak mau mendorong para pelakunya untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran. Seperti kita ketahui bersama, strategi pemasaran sering kali diibaratkan sebagai jantung kehidupan sebuah usaha. Karenanya saat ini para pelaku UKM harus bisa jeli dan teliti dalam menciptakan strategi pemasaran yang tahan banting di tengah ketatnya persaingan pasar.

Sebagai seorang pelaku UKM yang kreatif, Anda dituntut untuk bisa untuk menentukan komoditas apa saja yang memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran dan sebagai seorang yang jeli Anda memiliki aturan analisis dalam dunia pemasaran modern yang kedepannya bisa digunakan untuk melacak dan mengukur seberapa potensial pasar yang Anda bidik.

Nah, agar Anda tak salah langkah dalam menentukan strategi pemasaran. Berikut ini kami informasikan 10 strategi pemasaran untuk tingkatkan daya saing UKM yang bisa Anda jalankan dari sekarang.

  1. Strategi pemasaran yang Anda jalankan harus mampu memberikan pemahaman kepada para konsumen, tentang apa yang Anda kerjakan, dan apa yang Anda produksi. Hal ini penting agar mereka bisa memahami bisnis Anda sebelum memutuskan apakah mereka membutuhkan produk atau layanan anda.
  2. Jangan hanya memberikan pelayanan prima pada pelanggan Anda, namun berikan sebuah pembeda agar bisnis Anda terlihat unik di mata calon konsumen. Jika Anda telah memutuskan untuk memberikan nilai unik pada bisnis Anda, pastikan untuk menjalankannya secara konsisten agar brand image bisnis Anda bisa terjaga.
  3. Tentukan tujuan pemasaran yang Anda jalankan dan pisahkan mana yang sesuai dengan tujuan pemasaran Anda dan mana yang belum sesuai. Setelah menentukan tujuan pemasaran, selanjutnya mulailah mengatakan “tidak” untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana pemasaran bisnis Anda.
  4. Bidik target pasar Anda dan berikan nilai tambah produk sebelum menyusun strategi pemasaran. Agar strategi pemasaran Anda bisa bekerja dengan maksimal, mulailah dengan membidik target pasar yang tepat dan memberikan nilai tambah pada produk Anda untuk meyakinkan calon konsumen.
  5. Berikan keuntungan pada konsumen Anda. Setiap konsumen tentunya menginginkan kebutuhannya bisa terpenuhi dengan membeli produk atau menggunakan layanan jasa yang Anda tawarkan. Karena itu, sebisa mungkin berikan keuntungan pada konsumen Anda agar mereka tak berpaling ke pemain yang lain.
  6. Jika Anda bukanlah seorang networker yang kompeten, maka sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk belajar menjadi seorang networker atau mempekerjakan seorang tenaga pemasaran yang bisa diandalkan sebagai ujung tombak perluasan jaringan bisnis Anda.
  7. Tak ada salahnya memanfaatkan papan iklan di tempat strategis untuk memasang iklan Anda dalam waktu yang cukup lama. Agar calon pelanggan Anda familiar dengan produk atau jasa yang Anda produksi, maka mereka perlu melihat pesan iklan yang Anda tawarkan sebelum mereka siap untuk mengambil keputusan pembelian.
  8. Konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran. Selain kreatif, pelaku UKM juga dituntut untuk bisa konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran yang Ia pilih. Hal ini penting, karena kepercayaan konsumen akan terbangun apabila Anda konsisten dibidang usaha yang digeluti dan menjadi salah satu orang ahli di bidang tersebut.
  9. Mencari cara untuk menjadikan diri Anda sebagai orang yang ahli di bidang usaha yang sedang dijalankan. Contohnya saja bila Anda membuka bisnis toko kue, maka asah diri Anda agar tidak hanya bisa memproduksi kue yang lezat namun juga bisa memberikan pelatihan bagi para pemula tentang bagaimana kiat-kiat membuka toko kue, mempublikasikan buku tentang resep membuat kue yang lezat, atau menjadi nara sumber di berbagai seminar cake & bakery untuk membangun personal branding yang cukup kuat.
  10. Bangun komunikasi pemasaran yang jelas, singkat dan terfokus. Hindari hal-hal atau kegiatan yang merusak fokus utama Anda dan singkirkan beberapa hambatan pemasaran yang bisa merusak nama baik bisnis Anda.





Sumber : bisnisukm.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar