10 Strategi Menyimpan Uang saat Baru Memulai Bisnis

  • 10 Strategi Menyimpan Uang saat Baru Memulai Bisnis

Mendapat keuntungan saat baru memulai bisnis merupakan pertanda bagus bahwa bisnis Anda berada di jalur yang benar. Akan tetapi, keuntungan tersebut jangan langsung Anda hambur-hamburkan, melainkan Anda simpan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Terutama bagi Anda yang memulai bisnis dengan modal kecil. Anda perlu fokus dalam meminimalisir biaya sebanyak mungkin.

Bagaimana cara terbaik agar dapat menyimpan uang ketika memulai bisnis? Dilansir dari situs Okezone, berikut 10 cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang ketika memulai bisnis:

1. Jalankan Bisnis dari Rumah
Ini adalah salah satu cara termudah agar dapat mulai menabung banyak uang ke bisnis Anda. Daripada menunggu mendapatkan uang tunai untuk menyewa ruang kantor yang nantinya akan digunakan sebagai tempat usaha, disarankan untuk menjalankan bisnis Anda dari rumah atau menjangkau teman atau siapa saja yang memiliki ruang bebas dan menggunakannya untuk menjalankan bisnis.

2. Beli Peralatan Bekas Pakai
Satu kesalahan banyak pebisnis pemula adalah memulai bisnis dengan peralatan atau mesin yang baru. Barang-barang tersebut bisa menjadi mahal untuk Anda yang tidak memiliki banyak uang. Carilah perusahaan yang didirikan di garis bisnis Anda dan meminta mereka tentang ketersediaan peralatan yang Anda butuhkan. Mereka mungkin memberikannya kepada Anda pada harga yang lebih rendah.

3. Lakukan Barter
Salah satu cara terbaik yang bisa Anda pakai untuk menghemat uang yaitu terlibat barter dengan orang lain. Anda dapat bertukar barang untuk barang atau barang untuk jasa dan sebaliknya.

4. Tidak Mempekerjakan Karyawan Full Time
Sebagai pemilik usaha kecil, mempekerjakan seseorang secara permanen bisa menciptakan banyak kendala keuangan dalam bisnis Anda. Seorang pegawai tetap mungkin perlu asuransi, dana pensiun dan tunjangan lainnya yang tidak akan mampu Anda bayar pada awal menjalankan usaha. Oleh sebab itu, jangan mempekerjakan orang secara permanen.

5. Cari Software Gratis
Ada banyak software gratis yang hanya perlu diunduh tanpa harus membeli. Hampir setiap aspek bisnis seperti akuntansi banyak dilakukan oleh perangkat lunak bebas.

6. Berinvestasi di Rekening Berbunga
Sebelum Anda melakukan ekspansi bisnis, akan baik bagi Anda untuk mengevaluasi waktu yang tepat untuk memperluas bisnis atau tidak. Jika tidak, jangan memasukkan kembali keuntungan dalam bisnis. Hal ini baik untuk menyimpan uang di rekening dengan bunga tinggi untuk beberapa waktu sambil melakukan evaluasi tentang validitas ekspansi bisnis.

7. Mencari Karyawan dengan Hati-hati
Dibandingkan mencari individu yang berkualitas, mungkin strategi yang lebih baik adalah menyewa orang dengan keterampilan moderat tapi efisien. Sebuah usaha kecil tidak memiliki hal-hal rumit yang akan memaksa Anda untuk menyewa ahli terbaik di lapangan. Anda perlu satu orang yang bisa melakukan hal-hal dasar yang membuat bisnis berjalan.

8. Bernegosiasi dengan Vendor
Seseorang perlu memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik dalam melakukan bisnis. Tidak hanya itu, baik bagi Anda untuk menjadi sangat setia kepada vendor dalam hal melakukan pembayaran. Bila keduanya dilakukan, giliran Anda untuk mendikte bisnis antara Anda dan vendor. Anda bisa bernegosiasi untuk adanya diskon pada barang yang disediakan vendor kepada Anda. Ini akan menjadi cara yang baik untuk menurunkan biaya dalam menjalankan bisnis dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda.Cara lain untuk berurusan dengan vendor adalah dengan mengambil barang secara kredit dan melakukan pembayaran setelah semua barang dijual.

9. Tunda Pembayaran
Ketika Anda memulai bisnis, perlu diingat bahwa uang yang mengalir ke dalam bisnis selalu lebih dari uang yang keluar. Jika Anda menyewa seseorang untuk melakukan pekerjaan khusus untuk Anda, akan baik untuk menunda pembayaran mereka sementara waktu. Ini akan memungkinkan Anda untuk membeli lebih banyak barang menggunakan uang yang tadinya untuk melakukan pembayaran. Setelah itu, Anda bisa membayar mereka menggunakan keuntungan.

10. Beli Barang dalam Jumlah Besar
Ketika Anda membeli barang dalam jumlah besar, vendor akan memberikan diskon yang sangat besar. Ini akan memungkinkan Anda untuk membuat banyak keuntungan setelah penjualan.




Sumber : ayopreneur.com


Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar